Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri kebakaran misterius yang tidak terungkap di Canneto, Italia

Selama 10 tahun, penduduk desa Sisilia Canneto di Caronia telah dilanda oleh rasa takut akibat fenomena kebakaran misterius yang melanda daerah mereka. Fenomena aneh itu semakin sering terjadi beberapa tahun terakhir ini, bahkan harta benda seperti kasur, ranjang, mobil, dan perabotan lain seperti kulkas dan ponsel mendadak terbakar, padahal mereka dalam kondisi tidak dinyalakan.


kebakaran misterius


Selama beberapa tahun, fenomena kebakaran misterius tersebut telah menarik perhatian para ilmuwan seperti ahli geologi, ahli fisika dan ahli vulakonologi untuk menelitinya. Namun, belum ada penjelasan ilmiah yang akurat tentang apa penyebab terjadinya kebakaran misterius tersebut. Bahkan para penduduk pun merasa yakin kalau fenomena tersebut berkaitan dengan supranatural seperti UFO, roh jahat atau kekuatan jahat lainnya.
 

Munculnya peristiwa kebakaran aneh tersebut dimulai pada bulan Januari 2004, tanpa sebab yang jelas peralatan rumah tangga seperti lemari es, penyedot debu, sofa, hadiah pernikahan, bahkan pipa air meledak menjadi sebuah kobaran api. Dan untuk mencegah berulangnya peristiwa tersebut,  perusahaan listrik setempat pun sempat memotong pasokan listrik ke wilayah tersebut namun hal tersebut tidak berdampak apa pun karena peristiwa kebakaran masih saja terjadi. Alhasil, selama beberapa bulan seluruh penduduk desa itu di evakuasi untuk dilakukan penyelidikan menyeluruh, namun lagi-lagi para ahli dan otoritas setempat gagal menemukan sumber masalahnya. 



Bahkan kedatangan tim peneliti gunung berapi dari Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi, dibantu para tim ahli dari Angkatan Laut Italia pun tidak berhasil memecahkan masalah tersebut. Selama beberapa tahun, para penduduk dihantui rasa takut dan cemas akan terjadi kebakaran yang menimpa harta benda mereka, sampai akhirnya mereka pun mengundang beberapa orang-orang pintar sampai pendeta untuk melakukan pengusiran setan.
 


Tapi sekali lagi, hal tersebut tidak memberikan dampak apapun, karena beberapa tahun kemudian perstiwa serupa terjadi, bahkan kali ini lebih sering lagi dan tampak aneh, misalnya saja kebocoran pipa air dari tiga rumah yang berbeda, cemin rias di kamar mandi yang tiga kali terbakat hanya dalam hitungan 35 jam, serta seluruh terong di perkebunan- perkebunan yang berubah warna seperti pelangi (hangus), yang membuatnya tidak laku dijual.
 

Bahkan peristiwa aneh pun kerap terjadi misalnya AC yang mendadak meleleh, kaca mobil yang mendadak pecah, pintu garasi otomatis yang tiba-tiba terbuka, isi harddisk yang terhapus, bahkan kematian misterius dari beberapa hewan. 


Pada bulan April 2005, pemerintah Italia mengerahkan Satuan Tugas Khusus yang terdiri dari para perwira tinggi militer, insinyur, arsitek, ahli geologi dan fisikawan untuk meneliti desa tersebut. Kelompok ini melakukan analisis ekstensif menyelutuh dengan melakukan foto udara menggunakan remote kontrol, penilaian data geofisika dan geokimia, deteksi medan magnetometric dan elektromagnetik, memonitoring spektrum radio-listrik dan lebih banyak lagi anilisi dilakukan dalam upaya memecahkan misteri tersebut. Namun hasilnya tetap tidak memuaskan.
 

Namun pada tahun 2007, sebuah surat kabar Italia menerbitkan laporan intermin yang bocor dari Departemen Perlindungan Sipil yang menyimpulkan bahwa satu-satunya penjelasan yang masuk akal adalah adanya campur tangan 'alien', karena kebakaran-kebakaran aneh tersebut terjadi akibat emisi elektromagnetik yang tinggi yang berkekuatan antara 12 - 15 gigawatt.  Setahun kemudian, kasus tersebut dihentikan menyusul penyelidikan lebih lanjut, dengan sebuah hasil 'akibat radiasi elektromagnetik yang tidak diketahu".
 


Karena tidak ada satupun hal yang bisa membuktikan fenomena tersebut penduduk setempat pun kembali mengaitkan masalah ini dengan berbagai teori supranatural. Anggota Dewan Sisilia untuk kesehatan dan keselamatan, Vittorio Alfieri, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa kebakaran tersebtu disebabkan oleh 'entitas' yang 'berpindah dari satu rumah ke rumah lainnya'. 
 

Kini setelah beberapa bulan fenomena tersebut tidak muncul, dan penduduk bisa beristirahat dengan tenang. Pada 30 September yang lalu, serangkaian kebakaran dilaporkan di seluruh kawasan yang sebelumnya tenang. Pertama sofa yang masih dibungkus dengan plastik tiba-tiba terbakar tanpa sebab yang jelas, beberapa jam kemudian orang-orang melapor pada pemadam kebakaran bahwa terjadi kebakaran pada setumpuk pakaian, dan sebuah mobil yang terbakat tepat pada saat akan digunakan. 




Menurut laporan media, penduduk setempat telah sekali lagi telah dievakuasi, sementara tim kecil pemadam kebakaran telah ditugaskan untuk mengontrol terjadinya kebakaran kecil. HIngga kini, apa penyebab pasti sering terjadinya kebakaran di kawasan tersebut masih tetap menjadi misteri.