Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah berbagai fenomena alam yang akan hiasi tahun 2015

Berbagai fenomena alam akan segera menghiasi langit bumi sepanjang tahun 2015 ini, di antaranya adalah posisi plane yang akan berada dekat satu sama lain dan hujan meteor yang akan terjadi di pertengahan hingga akhir tahun 2015. 

Menurut Cincinati Observatory, bulan Januari ini akan ada dua buah planet yang berada dalam jarak terdekatnya. 


Efek tersebut akan membarikan cahaya yang cukup terang hingga ke bumi. Planet Venus dan Jupiter akan menghiasi langit sore hari di Bumi dengan cahaya yang sangat terang pada bulan Januari. 



Pada tanggal 10 januari, Planet Merkurius dan Venus akan memancarkan cahaya bersamaan seelah matahari terbenam. Sedangkan pada tanggal 20 Februari di pagi hari, bulan akan membentuk sebuah segitiga yang cantik bersama dengan Venus dan Mars yang akan berada pada tiga titk yang berdekatan.

Bukan itu saja, pada tanggal 30 Juni mendatang, Venus dan Jupiter akan berada cukup dekat satu sama lainnya, sedangkan di tanggal 7 November, Venus akan berada lebih dekat dengan bulan. 


Dua gerhana bulan juga dipastikan akan muncul pada tahun 2015 ini, yaitu pada tanggal 4 April sebelum matahari terbit yang diprediksi akan terjadi gerhana bulan kembar, sedangkan pada tanggal 27 September akan muncul gerhana bulan dengan bentuk yang sama dengan Supermoon.


Fenomena hujan meteor juga akan menghiasi langit tahun 2015, apalagi masyarakat nanti bisa melihat hujan meteor ini dengan sangat jelas karena tak ada gangguan cahaya bulan pada saat puncak hujan meteor berlangsung. 


Pada tanggal 12 - 13 Agustus 2015, akan muncul hujan meteor Perseid, sedangkan pada tanggal 17 - 18 November akan hujan meteor Leonids, dan pada tanggal 13-14 Desember terjadi hujan meteor Geminids. 


So, siap-siap ya catat di kalender agar tidak ketinggalan menyaksikan fenomena alam yang bakal cantik ini.