Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 tempat yang sering dikunjungi oleh setan dan jin

 tempat yang sering dikunjungi oleh setan dan jin

Mahluk tak kasat mata seperti Setan atau Jin tidak selalu muncul dalam wujud yang mengerikan misalnya hantu, namun mereka bisa juga hadir dalam wujud lain dengan tujuan menjerumuskan manusia dalam kesesatan. Selain itu, perlu diketahui pula di mana tempat-tempat yang sering dikunjungi setan dan jin agar kita bisa melakukan pencegahan dengan berdoa. 

Terdapat 10 tempat yang sangat disukai oleh Setan dan Jin menetap, seperti juga manusia, mahluk seperti Jin pun punya karakter masing-masing. Ada yang senang dengan tempat yang sepi, tapi ada juga yang sangat menyukai tempat-tempat yang ramai oleh manusia. 

Berikut 10 tempat favorit setan dan jin yang perlu anda ketahui. 

1. WC atau tempat buang air besar atau kecil 

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah Shallallohu'alaihi wasallam pernah bersabda: 

“ Sesungguhnya tempat-tempat buang hajat ini dihadiri (oleh para setan), maka jika salah seorang dari kalian hendak masuk kamar mandi (WC), ucapkanlah “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari setan laki-laki dan setan perempuan.”



Sudah banyak kejadian orang-orang yang mengalami gangguan setan dan jin di tempat-tempat tersebut tanpa mereka sadari. 

2. Tempat pembuangan sampah dan kotoran 

Kebersihan adalah sebagian dari Iman, dengan menjaga kebersihan iman kita pun bisa terjaga. Mungkin seperti itulah makna kebersihan di mata kita. Karena Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Raimahullah pernah mengungkapkan dalam "Majmu Fatawa" (19/41): (Para Setan ditemukan di tempat-tempat bernajis seperti kamar mandi dan WC, tempat sampah, kotoran serta pekuburan." 

3. Lembah-lembah 

Dalam 'Majmu Fatawa" (19/41) Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah juga pernah berkata bahwa sesungguhnya Jin dan Setan ditemukan di lembah-lembah dan tidak ditemukan di pegunungan. 

“Lembah-lembah adalah tempatnya kaum jin karena sesungguhnya mereka lebih banyak ditemukan di lembah-lembah daripada di dataran tinggi.“

4. Tempat / bangunan yang rusak dan kosong

Diriwatkan oleh Al Bukhari dalam "Al Adab Al Mufrad" (579) dari Tsauban radiyallohu'anhu berkata: Rasulullah Shallallohu'alaihi wasallam berkata kepadaku: 



“Janganlah kamu tinggal di tempat yang jauh dari pemukiman karena tinggal di tempat yang jauh dari pemukiman itu seperti tinggal di kuburan.“

5. Tempat pemakaman umum (Pekuburan) 

Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wasallam, pernah bersabda:



“ Permukaan bumi itu semuanya masjid (bisa dijadikan tempat untuk shalat, pen) kecuali pekuburan dan kamar mandi.” 

6. Celah-celah dan lubang-lubang kecil atau besar di bukit



Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Janganlah salah seorang di antara kalian kencing di lubang…”



Mereka berkata kepada Qatadah: “Apa yang menyebabkan dibencinya kencing di lubang?”, dia berkata : “Disebutkan bahwa itu adalah tempat tinggalnya jin“. Hadits ini dikeluarkan oleh Ahmad (5/82), Abu Daud (29), An Nasaai (34), Al Hakim (1/186) dan Al Baihaqi (1/99).



7. Lautan atau Samudera


Dalam hadits Jabir radiyallohu ‘anhu berkata : Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wasallam bersabha :

“Sesungguhnya Iblis meletakkan singgasananya di atas lautan dalam riwayat lain di atas air an kemudian dia pun mengutus pasukannya. (HR. Muslim: 2813).



Juga datang dari hadits Abu Musa radiyallahu ‘anhu yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dan yang lainnya dan hadits ini shahih. Sebagian ulama menyebutkan bahwa lautan yang dimaksud adalah samudera “Al Haadi” karena di sanalah tempat berkumpulnya semua benua.



8. Rumah-rumah yang di dalamnya dilakukan kemaksiatan



Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wasalla, bersabda :

“Sesungguhnya malaikat tidak masuk ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar.” (HR. Al Bukhari: 3226 dan Muslim : 2106 dari hadits Abu Thalhah dan Aisyah Radhiyallahu ‘anhuma dan datang pula dari para sahabat yang lain).



Jika malaikat tidak masuk ke dalam rumah, maka setanlah yang masuk adalah syaitan karena malaikat adalah tentara-tentara Allah Subhaanahu wata’ala yang diutus untuk menjaga kaum mukminin dan menolak kemudharatan dari mereka. Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wasallam, bersabda :

“Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian sebagai pekuburan karena sesungguhnya setan itu lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan Surat Al Baqarah.” (HR. Muslim (780), Ahmad (2/337), Tirmidzi (2877) dan selainnya).

9. Tempat yang sering digunakan untuk kesyirikan, bid'ah dan maksiat 

Setan dan Jin paling sering ditemukan di dalam tempat-tempat yang dijadikan kesyirikan, bid'ah, dan maksiat oleh manusia. Contohnya candi-candi, makam keramat, pohon atau tempat yang dikeramatkan, rumah yang isinya dipenuhi orang-orang yang sering mabuk-mabukan atau zina, rumah yang penuh dipenuhi patung-patung maupun gambar mahluk hidup, rumah pelacuran, bar atau restoran yang menyajikan minuman keras, dan sebagainya). 

10. Tempat ramai seperti pasar-pasar dan pusat perbelanjaan 

Telah datang dari Salman radiyallohu ‘anhu, yang diriwayatkan oleh Imam Muslim (2451) dan selainnya berkata :

“Janganlah engkau menjadi orang pertama yang masuk pasar jika engkau mampu dan jangan pula menjadi orang paling terakhir yang keluar darinya pasar karena pasar itu adalah tempat peperangan para setan dan di sanalah ditancapkan benderanya.”

Karena itu pula, pasar-pasar baik itu pasar tradisional, mall, supermarket dan sebagainya merupakan tempat yang dibenci oleh Allah Subhaanahu wata'ala (dalam artian kita tidak dilarang untuk mengunjungi pasar apabila ada keperluan, yang dilarang adalah menjadikan pasar atau mall sebagai tempat berkumpul atau nongkrong-nongkrong tanpa keperluan mendesak, karena di tempat inilah mereka sering lupa waktu sehingga melewatkan beribadah).

Bahkan Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:“Tempat yang paling disukai oleh Allah adalah masjid dan tempat yang paling dibenci oleh Allah adalah pasar.” 

Itulah 10 tempat yang sering dikunjungi setan dan jin, semoga kita bisa mengambil hikmahnya.