Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penemuan beras palsu yang dibuat dari kertas

Beberapa waktu lalu kita dihebohkan oleh penemuan beras plastik di beberapa daerah. Kali ini, temuan beras palsu kembali terjadi, tapi bukan di Indonesia melainkan di Guangdong, Cina. Beras palsu itu terbuat dari potongan kertas yang digulung kecil menyerupai beras. 


Adanya beras palsu yang terbuat dari kertas itu ditemukan oleh Cai, seorang wanita yang berasal dari Provinsi Guangdong. Wanita itu mengaku kesulitan mengunyah nasi yang baru dibuatnya, dan ketika memeriksa beras yang baru dibelinya ternyata ada keanehan dari beras tersebut. 


bentuk beras palsu dari kertas


Ia pun segera mengambil satu butir beras kemudian menggigitnya, dari situlah ia sadar bahwa beras yang dibelinya itu ternyata dibuat dari potongan kertas kecil yang digulung seukuran beras.


Wanita itu pun segera melaporkan ke polisi sambil membawa beras yang baru dibelinya dari pedagang kaki lima. Penjual itu sebelumnya meyakinkannya kalau beras yang dijualnya itu sangat baik karena tidak menggunakan pestisida.
Temuan beras palsu ini bukan kali pertama di pasar Asia. Sebelumnya juga beredar beras plastik yang lebih bisa dimakan karena dibuat dari campuran kentang dan resin sintetik. 


Meski begitu, ketika dimasak beras kertas ini tidak bisa tanak seperti nasi namun lebih cenderung menyerupai bubur kertas.