Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Percayakah anda, 6 mitos ini bisa mengundang hantu


Hantu adalah sebuah julukan yang diberikan pada mahluk halus tak kasat mata yang mungkin bisa membuat sebagian orang akan langsung ngacir ketakutan ketiak berpapasan dengan mereka. 

Dimulai dari hembusan angin, lalu disambung dengan bau-bauan yang khas bisa membuat bulu kuduk merinding, apalagi jika melihat sosoknya.  

Fenomena hantu ini rupanya tidak hanya cukup dikenal di Indonesia saja loh, di beberapa negara pun sosok hantu kerap digambarkan dengan wujud mahluk dengan penampilan yang mengerikan.



Di Indonesia sendiri, ada beberapa 'spesies' hantu yang cukup populer, yang sebagian di antaranya bisa anda jumpai dalam tulisan berikut ini:
 



Namun, selain itu ada juga orang-orang yang mengaku berani lalu melakukan hal-hal yang menurut mereka bisa mengundang kedatangan hantu, apa sajakah itu? 


Berikut 5 hal yang diklaim bisa mengundang kehadiran sosok hantu. 

cara melihat hantu

1. Melihat dari selangkangan kaki
Konon katanya, jika ingin melihat penampakkan sosok hantu anda tinggal mencari sebuah tempat yang dikenal cukup angker, atau ketika merasakan sesuatu yang aneh dengan lingkungan sekitar anda bisa melakukan hal ini yaitu melihat secara terbalik dari selangkangan kaki kita, caranya dengan berdiri dengan kaki sedikit mengankang lalu bungkukkan badan dan lihatlah ke belakang anda dengan mengintip terbalik dari selangkangan.  Entah benar atau tidak, namun cara seperti ternyata banyak dipraktekkan dalam ritual-ritual memanggil hantu.
 

2. Mandi dalam ruangan yang gelap
Kamar mandi diyakini juga sebagai tempat favoritnya mahluk-mahluk halus, dan kabarnya jika ingin melihat keberadaan hantu, maka mandilah pada tengah malam dengan kondisi kamar mandi yang gelap gulita.
 

3. Meletakkan kursi menghadap cermin yang datar
Konon katanya jika meletakkan kursi dihadapan cermin datar akan mengundang kehadiran 'mbak kunti'. Dan kabarnya juga pada tengah malam, mbak kunti ini akan duduk di kursi yang menghadap ke cermin datar tersebut. Untuk membuktikanya anda bisa mencobanya sendiri dikamar anda. Beranikah?
 

4. Bercerita hantu di tempat keramat atau angker
Ketika mengunjungi suatu daerah atau tempat, ada baiknya anda memeriksa apakan tempat yang anda kunjungi itu terkenal angker, keramat, atau tidak. Apalagi jika tujuan kita tersebut adalah untuk kemping atau berkemah. Karena sudah menjadi kebiasaan pada malam hari, pasti akan ada yang bercerita tentang hantu untuk tujuan menakuti-nakuti. percayalah, jika ditempat yang dianggap angker atau keramat oleh warga sekitar kemudian anda bercerita tentang hantu atau cerita-cerita seram lainnya, maka hal itu bisa mengundang kehadiran mereka. Jadi sebaiknya berhati-hatilah.
 

5. Mengusapkan arang di mata
Entah benar atau tidak, namun metode mengusapkan arang di mata konon katanya bisa membuat kita bisa melihat mahluk halus. Arang diusapkan di sekitar mata terutama di bagian kelopak dan kantung mata hingga menghitam, setelah itu pergilah ke tempat yang dianggap angker misalnya kuburan, kabaranya anda akan bisa melihat sosok mahluk halus, terutama dari jenis tuyul.
 

6. Menyanyikan lagu lingsir wengi
Hal ini masih menjadi perdebatan hingga kini. Konon katanya jika pada tengah malam kita bernyanyi atau memutar lagu 'lingsir wengi' sambil duduk menyisir rambut di depan cermin, bisa mengundang kedatangan mbak kunti.  Walaupun pada awalnya mitos ini hanya untuk mempromosikan sebuah film layar lebar horror, namun cerita dari mulut ke mulut membuat mitos ini semakin terus berkembang. Makna lingsir wengi sebenarnya bisa anda simak lagi di sini:
 

Baca: Lingsir wengi, misteri dan asal-usul
 

Itulah  6 hal yang konon katanya bisa mengungan kemunculan mahluk halus tak kasat mata. Beranikah anda mencobanya?