Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kota di Rumania terapkan naik bus gratis jika membaca buku

Untuk menarik minat warganya naik angkutan umum, Pemerintah Kota Cluj-Napoca , Rumania menggratiskan para penumpang bus angkutan kota yang mau membaca buku di dalamnya. Selain membudayakan membaca bagi warganya, tindakan ini juga berhasil menarik minat para penduduk kota ini untuk mulai menggunakan angkutan kota. 

Manfaat membaca buku


Adapun upaya menggratiskan tarif angkutan kota bagi orang yang gemar membaca ternyata pertama kalinya diusulkan oleh salah seorang warga Rumania yaitu Victor Miron. Victor inilah yang sangat berkeinginan agar orang-orang mulai gemar membaca buku, maka itulah ia pun kemudian membuat proposal kepada sang walikota, Emil Boc.

Satu tahun kemudian proposalnya disetujui dan keinginannya mulai diterapkan oleh Pemerintah setempat meski hanya berlangsung selama tiga hari yaitu mulai dari 4 - 7 Juni 2015. Walau begitu, tindakan tersebut ternyata cukup positif dan berhasil mengundang perhatian banyak warga kota tersebut.  Karena selama hari itu, bus-bus angkutan kota selalu dipenuhi oleh orang-orang yang membaca buku. 


Sukses dengan keinginannya tersebut, victor ternyata memiliki harapan yang lain, kali ini ia ingin agar Mark zuckerberg si empunya facebook untuk membuat buku wajah (Bookface) profil facebooknya.  


Hmm, kalau saja upaya ini diterapkan di Indonesia, tentu bisa mengurangi kemacetan ya!.