Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ditemukan spesies baru ikan pemancing di dasar samudera

Dasar Samudera yang dalam memiliki keanekaragaman jenis ikan-ikan yang tak pernah kita lihat sebelumnya. Salah satunya adalah Anglerfish, jenis ikan laut dengan bentuk aneh yang hanya hidup dikedalaman 1.450 kaki. Baru-baru ini para ilmuwan telah menemukan spesies baru dari ikan pemancing atau anglerfish ini. Ikan tersebut ditemukan bersembunyi di kedalaman lautan. 

ikan pemancing jenis baru


Ikan jenis anglerfish baru yang bernama Lasiognathus dinema ini ditemukan di Teluk Meksiko pada kedalaman 3.280 - 5.000 kaki. Uniknya ikan ini memiliki bentuk yang berbeda dari jenis ikan pemancing lainnya, yaitu memiliki bentuk pengumpan seperti joran atau alat pancing yang membentu sudut-sudut dengan umpan yang bisa mengeluarkan cahaya di ujungnya. 


Sedangkan ikan anglerfish lainnya memiliki pengumpan yang melengkung atau lurus di bagian atas kepalanya. Kedua spesies ini sama-sama memiliki umpan yang bisa mengeluarkan cahaya (bioluminescent) untuk menarik perhatian ikan-ikan kecil mendekat. 


ikan anglerfish

Penyebutan nama Lasiognathus dinema untuk spesies ikan pemancing jenis baru ini diusulkan oleh Dr. Tracey Sutton dari Pusat Oseanografi Nova Southeastern University bersama rekannya Dr. Theodore Pietsch dari Universitas Washington.  Yu kita intip keunikan spesies ikan pemancing jenis baru ini.