Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asal usul gempa bumi menurut mitos dari mancanegara

Gempa bumi adalah sebuah kondisi pergerakan lapisan tanah yang disebabkan oleh bergesernya lempengan bumi ataupun akibat vulkanik. Namun sebelum ilmu pengetahuan mengungkap penyebab terjadinya gempa tersebut banyak mitos-mitos yang muncul terkait dengan penyebab gempa, mulai dari binatang sampai dewa-dewa. Berikut asal usul gempa bumi menurut mitos dari mancanegara.

asal usul gempa




Legenda Babi Rusa dari Indonesia 

Legenda Babi Rusa dari Indonesia

Menurut legenda orang-orang Sulawesi, Bumi berdiri di atas seekor babi rusa raksasa. Ketika babi rusa itu merasa gatal maka ia akan menggosokkan tubuhnya ke pohon palm, akibatnya bumi akan berguncang dan menyebabkan gempa bumi.

 
Mitos dari India, kisah bumi yang diangkut hewan-hewan 

 
Masyarakat India Kuno sangat meyakini bahwa Bumi ini diseimbangkan oleh beberapa hewan. Hewan-hewan tersebut adalah ular dengan tujuh kepala, babi hutan dengan taringnya, sapi dengan tanduknya dan 8 ekor gajah yang berdiri di atas tempurung kura-kura. Gempa terjadi akibat salah satu dari hewan-hewan tersebut berubah posisi. 


Legenda Namazu, lele raksasa dari Jepang 

 
Orang-orang Jepang pada zaman dahulu meyakini kalau terjadinya gempa bumi adalah karena gerakan yang sangat kuat dari namazu, sejenis ikan lele berukuran raksasa yang ada di bawah tanah. Lele raksasa tersebut disegel oleh sang dewa perang Kashima di sebuah batu dalam lapisan lumpur yang ada di bawah tanah. Apabila segel Kashima melemah, maka Namazu akan berontak dan gerakannya itu yang menyebabkan munculnya gempa bumi. 


Di Mozambik, bumi bisa demam



Penduduk Mozambik bahkan memiliki mitos yang cukup unik berkaitan dengan terjadinya gempa bumi. Mereka meyakini bahwa bumi ini hidup seperti manusia, dan karena itu pula bumi pun bisa sakit. Gempa bumi terjadi karena bumi sedang demam, saat bumi merasa meriang dan gemetaran, maka tanah pun akan berguncang.


Mitos gempa di Selandia Baru 





Suku Maori yang merupakan penduduk asli Selandia Baru memiliki mitos tersendiri mengenai asal-usul gempa bumi. Menurut mereka, Bumi memiliki nama Papatuanuku, dan dikatakan bahwa Papatuanuku tengah mengandung seorang dewa yang bernama 'Ruamoko'. Gempa bumi terjadi lantaran saat masih jabang bayi, dewa Ru yang berada dalam kandungan Papatuanuku bergerak. 


Kisah Loki dari Skandinavia 


 
Masyarakat Skandinavia percaya bahwa gempa bumi terjadi akibat ulah Loki. Dikisahkan bahwa Loki telah membunuh dewa kecantikan dan cahaya, Balder. Akibatnya Loki dihukum dengan cara dikurung di dalam sebuah gua dengan seekor ular beracun di atas kepalanya dan racun ular tersebut akan terus menetes. Tetesan racun itu yang akan membuat Loki berontak sehingga membuat bumi bergetar hebat.


Kisah Dewa Tuli dari Rusia, Siberia, dan Kamchatka





Rusia, Siberia dan Kamchatka memiliki legendanya sendiri mengenai terjadinya gempa. Dikisahkan bahwa Bumi ini terbaring di atas dewa anjing yang bernama Tuli. Sebagaimana hewan-hewan berbulu lainnya, Tuli ini pun mempunyai kutu-kutu di tubuhnya. Saat Tuli merasa gatal dan menggaruk kutu-kutu di tubuhnya itu, bumi akan berguncang. 


Kunjungan dewa di Peru 


Gempa bumi terjadi akibat kunjungan para dewa di Peru yang akan menghitung jumlah manusia. Langkah-langkah kaki para dewa itulah yang akan menyebabkan bumi terguncang. Karena itu pada waktu terjadi gempa, masyarakat kuno Peru akan segera berlarian ke luar rumah sambil berteriak, " Saya di sini!, Saya di sini!," yang maksudnya adalah ingin dihitung oleh dewa. 

Legenda Bernardo Carpio dari Filipina 

 
Bernardo Carpio adalah tokoh legendarais dalam mitologi Filipina. Ada yang mengatakan kalau orang ini bertubuh besar seperti raksasa dan memiliki kekuatan yang sangat luar biasa (seperti Hercules dari Yunani). Suatu hari ia terjebak di antara dua batu besar di pegunungan Montalban dan terperangkap di sana selamanya. Setiap kali gempa bumi, orang-orang tua di Filipina percaya bahwa itu adalah akibat Bernardo yang menahan batu-batu tersebut saling bertubrukan.


Dosa penyebab gempa


Di Rumania, menurut legenda disebutkan bahwa Bumi bersandar di atas beberapa pilar yang dibangun dari harapan, kepercayaan, dan amalan manusia. Saat ketiga amalan baik dari manusia itu semakin berkurang maka pilar-pilar itu pun akan menjadi lemah. Ketika ada salah satu pilar yang patah atau retak, maka muncul goncangan yang akan menyebabkan gempa bumi. 


Galaunya hati Poseidon di Yunani 




Selain dikenal sebagai dewa lautan, Poseidon ternyata adalah dewa gempa bumi. Poseidon akan menciptakan gempa saat suasana hatinya sedang tidak baik. Adik dari dewa Zeus itu akan menghantamkan pusakanya yang berupa trisula ke tanah yang menyebabkan gempa bumi dan tsunami yang sangat dahsyat.