Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sadis, ada ritual membunuh orang tua di India

Seorang anak harusnya memberi dukungan dan support moral pada orang tua mereka yang sudah berusia lanjut. Agama manapun pasti menganjurkan seorang anak untuk menghormat kedua orang tua yang telah susah payah mengasuh dan membesarkan mereka. 

Namun berbeda dengan apa yang terjadi di India terutama di virudhunagar, selatan Tamilnadu ada tradisi turun temurun untuk menghilangkan nyawa orang-orang tua yang sudah berusia lanjut atau jompo. 

Tragisnya tradisi membunuh tersebut ternyata dilakukan oleh keluarga mereka sendiri yaitu anak dan kerabatnya yang seharusnya bisa memberikan perlindungan dan rasa aman pada orang tuanya itu.  

Foto: https://www.flickr.com/photos/13085811@N08/5622333705


Praktek "pembunuhan terselubung" itu dilakukan untuk berbagai alasan, rata-rata alasan paling umum adalah karena merasa kasihan dengan orang tua mereka padahal alasan sebenarnya adalah karena para anak menganggap orang tua mereka yang jompo itu sebagai beban. 

Tradisi itu dikenal sebagai Thalaikootal, yang jika diterjemahkan berarti mandi atau disiram, mengacu pada tradisi ini yang biasanya dilakukan dengan menyiram orang tua terlebih dahulu.

Biasanya sebelum ritual Thalaikootal dilakukan, para orang tua akan diberi minyak mandi yang banyak pada pagi hari dan diberikan minuman tertentu yang terbuat dari air kelapa sehingga akan memicu gagal ginjal sampai pada demam yang sangat tinggi yang bisa menyebabkan orang tua mereka akan meninggal dunia setelah beberapa hari kemudian.

Selain itu metode lain adalah membeikan racun atau memijat khusus bagian kepalanya dengan air dingn sehingga bisa menurunkan suhu tubuh dengan cepat sampai terjadi gagal jantung, sedangkan cara yang lebih sadis yaitu menuangkan susu sapi dalam jumlah cukup banyak ke dalam lubang hidungnya yang menyebabkan mereka akan mati karena kesulitan bernafas. 

Banyak pihak mengklaim bahwa tradisi Thalaikootal ini tergolong Euthanasia sukarela atau Involuntaru Euthanasia atau tindakan yang dilakukan karena sukarela atau kasih sayang. 

Biasanya keluarga yang berniat melakukan hal ini akan memberitahukan kepada orang tua mereka yang akan dikorbankan, namun terkadang para orang tua itu juga yang memintanya. 

Meski begitu, ritual ini sebenarnya sebagian besar tidak dilandaskan oleh kasih sayang atau sukarela, karena banyak dari pelaku ritual ini yang justru mengalami himpitan ekonomi sehingga menganggap orang tua yang tidak bisa berbuat apa-apa hanya sebagai beban yang harus mereka tanggung.  

Bahkan pada tahun 2010 pernah terjadi ketika seorang pria lanjut usia berusia 80 tahun yang melarikan diri ketika tahu anaknya hendak mengorbakan dirinya. Ia pun lari dan berlindung di rumah salah seorang kerabat. 

Kabar tersebut secara cepat terekspos oleh media dan menjadi berita besar di Virudhunagar, sehingga tim kepolisian pun membentuk tim khusus guna mengawasi penduduk berusia lanjut yang ada di sana.  

Video dokumenter mengenai tradisi Thalaikootal sebuah ritual untuk membunuh orang tua di India untuk berbagai alasan. 



Semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk bisa menjaga dan merawat orang tua kita sebagaimana mereka merawat kita semenjak kecil.