Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar jenis batu yang cocok dengan bulan kelahiran

Sepanjang tahun 2014, batu mulia tampaknya semakin popular dan banyak di cari. Bahkan dari hari ke hari penghobi batu cincin tersebut semakin terus bertambah jumlahnya.

Kegemaran terhadap batu mulia ini selain karena bentuknya yang unik dan indah dipandang, juga adalah karena beberapa batu mulia dipercaya memiliki energi dan aura tertentu yang bisa memberi dampak yang baik terhadap pemakainya. 

Nah, penggemar batu mulia pun harus pintar-pintar memiliki jenis batu apa yang cocok dengan mereka, karena bisa saja energi yang terkandung dalam batu ini justru akan menyerap energi dari penggunanya.

Karena itulah dalam pemilihan batu mulia ini, terkadang sering dikait-kaitkan dengan bulan kelahiran orang yang akan menggunakannya. Untuk menambah pengetahuan anda, berikut beberapa jenis batu mulia yang cocok dipakai berdasarkan bulan kelahiran pemakainya.



Bulan Januari lebih cocok dengan Batu Garnet 

Batu yang cocok untuk orang yang lahir di bulan Januari adalah batu garnet. Batu garnet adalah jenis batu yang berwarna merah, hijau, dan orange. Batu ini bukan termasuk batu yang keras akan tetapi kilaunya cukup bagus seperti kilaunya permata kelas atas. Batu ini  melambangkan kesetiaan, dan sejak dulu dipercaya memiliki khasiat sebagai pengobatan, dan bermanfaat sebagai perlindungan terhadap segala jenis racun, luka dan mimpi buruk. 

Bulan Februari lebih cocok menggunakan batu kecubung (Amethyst)

Batu yang dianggap cocok dengan orang yang lahir di bulan Februari adalah kecubung atau Amethyst.  Batu amethyst adalah quartz yang berwarna ungu, yang melambangkan ketulusan dan dipercaya bisa membantu pemakainya untuk tetap terjaga dan berpikir jernih.  

Bulan Maret lebih cocok dengan batu aquamarine.

Batu mulia berwarna biru aquamarine sangat cocok digunakan oleh orang-orang kelahiran bulan Maret. Batu dengan warna biru laut ini sangat dipercaya oleh para pelaut bisa melindungi mereka dari marabahaya. Jenis batu ini menyiratkan keberanian dan dianggap bisa mengobati sakit perut, hati rahang dan tenggorokan. Warna batu ini biasanya bervariasi dari bir ke hijau.

Bulan April lebih cocok menggunakan batu berlian 

Batu intan berlian dianggap sangat cocok digunakan oleh orang kelahiran bulan April. Batu intan merupakan lambang penghargaan tertinggi. Batu berlian diasosiasikan dengan kehidupan yang romantis, misteri, kekuasaan, keserakahan, dan dunia ghaib. 

Bulan Mei lebih cocok menggunakan batu Zamrud atau Emerald

Batu zamrud atau emerald dengan warna hijaunya yang memikat para kolektor batu mulia ternyata lebih cocok digunakan oleh orang-orang kelahiran bulan Mei. Batu zamrud dengan kualitas yang bagus sangat langka ditemukan, karena itu harga batu ini terkadang bisa melebihi harga batu intan berlian. Batu zamrud termasuk jenis batu yang sangat rapuh, karena itu harus hati-hati ketika memakainya. Batu ini dianggap sebagai lambang kemurnian cinta, dan bisa bermanfaat untuk mencegah epilepsy, menghentikan pendarahan, meredakan demam dan diare, serta membuat pemakainya tidak mudah panik.

Bulan Juni lebih cocok dengan batu mutiara atau pearl

Batu yang cocok untuk orang kelahiran bulan Juni adalah mutiara dan biduri bulan (Moonstone). Batu biduri bulan adalah jenis batu yang cantik dengan pancaran warna sepert sinar bulan, batu ini identik dengan kata romantis. Sedangkan mutiara adalah batu mulia organik yang berasal dari kerang. Sinarnya pun cantik dan menjadi simbol kemewahan bagi kaum perempuan. Mutiara melambangkan kepolosan dan diyakini memiliki kekuaran ghaib, dan karenanya pernah ada hukum yang mengatur siapa saja yang boleh memakai batu ini.

Bulan Juli lebih cocok menggunakan batu Ruby.

Batu yang cocok untuk orang kelahiran di bulan Juli adalah batu mulia jenis ruby. Ruby yang disebut dengan "King of Gemstone" merupakan jenis batu permata corundum yang berwarna merah dengan tingkat kekerasan satu tingkat di bawah berlian. Kilau warnanya sanggup menarik perhatian banyak orang. Batu ini dianggap sebagai pembawa kesehatan, menghentikan pendarahan dan menjadi perlindungan terhadap orang yang licik dan nasib buruk atau kesialan.

Bulan Agustus lebih cocok dengan batu Peridot. 

Batu peridot adalah batu yang memiliki warna hijau menyala yang disebut juga dengan nama Olivine. Selama ribuan tahun batu ini kerap digunakan para bangsawan sebagai perhiasan. Batu peridot merupakan simbol kebahagiaan, mengusir rasa cemas, dan bisa membantu pemakainya agar bisa berbicara dengan lebih baik serta meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain. Batu peridot adalah satu-satunya jenis batu yang diperoleh dari meteorit.

Bulan September lebih cocok dengan batu Sapphire atau Safir 

Batu yang cocok untuk orang yang lahir di bulan September adalah batu Safir. Jenis batu ini merupakan mineral corundum selain berwarna merah. Batu ini sangat berkilau sehingga menjadi salah batu mulia kelas atas yang banyak dicari kolektor. Batu safir juga cocok dijadikan investasi karena peminatnya yang terus bertambah.  Batu ini melambangkan pikiran yang jernih, dan biasa digunakan sebagai perlindungan bagi mereka yang bepergian. Khasiat batu ini memberi kedamaian dan kebijaksanaan. Warna batu safir bisa berwarna biru cerah, orange, kuning dan pink.

Bulan oktober lebih cocok dengan batu Kalimaya (Opal) dan Tourmaline

Batu yang cocok untuk orang yang lahir di bulan Oktober adalah batu Kalimaya dan Turmaline. Batu kalimaya adalah jenis batu dengan beragam bentuk warna yang menakjubkan. Batu kalimaya menyimbolkan harapan, dipercaya membawa keindahan, kesuksesan dan kebahagiaan serta mencegah pemakainya dari penyakit jantung dan ginjal serta mencegah penggunanya tetap dalam keadaan sadar. Jenis batuan ini terbentuk dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan batu Tourmaline adalah jenis batu permata kristal dengan kilauannya yang indah. Batu ini banyak ditemukan di Afrika.

Bulan November lebih cocok dengan batu Topaz atau Citrine

Batu yang cocok untuk orang yang lahir di bulan November adalah batu Topaz atau Citrine. Batu Topaz memiliki keindahan dan kilau yang menawan, batu ini terdiri dari warna kuning, bening hingga warna biru royal. Topaz yang mempunyai warna cantik alami sangat sulit ditemukan. Kebanyakan jenis batu ini dipasaran sudah melalui proses treatment atau perubahan warna dan tidak alami sehingga membuat harganya lebih murah. Topaz dipercaya bisa meningkatkan kekuatan dan kewaspadaan terhadap racun yang menyerang pemakaianya. Batu Topaz bisa berwarna keemasan, hijau atau bening. Batu citrine atau batu kecubung kuning juga merupakan jenis batu yang cukup langka, kebanyakan yang ada di pasaran adalah jenis batu quartz yang dipanasi sehingga menjadi warna kuning.

Bulan Desember lebih cocok dengan batu Pirus (Turquoise) dan Tanzanite 

Batu yang cocok untuk orang yang lahir di bulan Desember adalah batu pirus atau Turquoise dan Tanzanite. Batu pirus adalah batu semi-mulia dengan motif yang sangat cantik dan biasanya terdiri dari warna biru dan hijau. Batu ini dipercaya bisa membawa keberuntungan atau hoki, dan membuat pemakainya hidup bahagia. Batu ini pun banyak digunakan sebagai perlambang keberhasilan dan sebagai pemikat lawan jenis, yaitu ketika seorang pria memberikan seorang wanita dengan batu Turquoise ini maka itu berarti ia sangat berharap cinta darinya. Batu ini terbentuk dari air kaya mineral yang tertinggal di celah-celah batuan. Tanzanite merupakan mineral kristal dengan kekerasan yang tidak begitu keras, namun memiliki pancaran sinar yang sangat cantik. Warna batu ini mulai dari biru hingga violet, dan karena batu ini sangat lunak maka diperlukan kehati-hatian ketika menggunakannya.
Semoga manfaat