Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cat eye, si mata kucing yang banyak dicari batu mania


Batu mania pasti sudah tahu dengan jenis batu mulia yang satu ini, yaitu Cat Eye atau mata kucing. Penyebutan nama tersebut tak lepas dari sifat kucing yang mempunyai keistimewaan pada bola matanya, terutama ketika mereka berada dalam lingkungan yang minim cahaya. Pada saat itulah, bola mata mereka akan tampak bersinat yang membuatnya seperti menyala dalam kegelapan. 

batu cat eye



Apa yang menyebabkan mata kucing bisa bersinar dalam gelap? tak lain disebabkan oleh pengaruh bagian mata yang disebut Tapetum lucidum yang menjadikan mata mereka menjadi tampak bersinar, nah begitu pula yang terjadi pada batu mulia yang kita kenal dengan sebutan Cat eye ini. 

Jika batu tersebut kita simpan dalam gelap lalu ada seberkas sinar, maka muncullah segaris cahaya yang mirip dengan mata dari hewan yang dikenal sebagai peliharaannya Ratu Cleopatra itu. Itulah keunikan dari batu cat eye ini, yang membuat banyak orang tertarik untuk mendapatkannya. 


Para ahli percaya bahwa inclusion dari batu ini memberi kesan tersendiri dari bentuk sinar yang dihasilkannya. Hal itu juga yang membuat garis sinar dari batu ikut bergerak ketika kita menggerak-gerakan batu tersebut dengan posisi miring ke kiri dan ke kanan. Karena hal itulah harga batu cat eye ini menjadi tinggi seiring tergantung kualitas dari batu tersebut.

Batu cat eye tidak hanya ditemukan di Indonesia saja, tapi juga ditemukan di beberapa negara seperti Sri Lanka, India, Afrka, dan Brazil. Berdasarkan materialnya, batu cat eye atau batu mata kucing ini merujuk pada batu permata jenis Chrysoberyl. Ini karena fakta karakteristik yang terdapat pada batu Cat eye ini ternyata terjadi dan ditemukan pula pada jenis Chrysoberyl yang kemudian dikenal dengan Chrysoberyl Cat Eye. 


Tapi selain itu, ada juga beberapa jenis batu permata yang mempunyai ciri-ciri Cat eye, seperti Quartz cat eye, Ruby cat eye, Peridot cat eye, Sapphire cat eye, Emerald cat eye, dan Moonstone cat eye. 

Chrysoberyl cat eye memiliki kekerasan 8 pada skala Mohs dan terdiri dari beberapa warna mulai dari kuning lemon, kuning madu, serta kuning kehijauan sampai ke warna hijau, dan hijau kecoklatan. Chrysobeyl cat eye dianggap sebagai jenis batu permata yng cukup sempurna. 

Lalu apa khasiat dari batu cat eye ini? Cat eye dipercaya memiliki energi yang bisa menambah keberanian serta anti rasa takut. Batu ini sangat cocok bagi anda yang merasa kurang pede atau ingin disegani. 

Hmm, tertarik memilikinya ?