Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

King Suleiman, kisah cinta berbalut pengorbanan

Setelah sukses dengan tayangan serial yang berasal dari India, Antv segera menghadirkan sebuah kisah dari Turki yang sarat akan sejarah yang berjudul King Suleiman aka Magnificent Century (Muhtesem Yuzyil). 

Namun serial ini tidak bercerita mengenai kisah Nabi Sulaiman sebagaimana yang disangkakan banyak orang, tetapi justru menceritakan perjalanan hidup dan kisah asmara yang penuh kontroversi dari Sultan Suleiman dari Kesultanan Utsmaniyah (Kesultanan Turki / Ottoman). 



King Suleiman bercerita tentang Kesultanan Turki dan kisah-kisah yang mengiringinya, termasuk hubungan antara Raja Suleiman dengan seorang perempuan yang berasal dari Barat.  

Berikut cuplikan cerita dari King Suleiman.

Di usianya yang masih 26 tahun, Sultan Suleiman yang baru memulai pemerintahannya berusaha untuk membangun sebuah kerajaan yang lebih kuat dai Alexander Agung dan membuat Kerajaannya menjadi tak terkalahkan bersama dengan sahabatnya Pargali Ibrahim. Kerja keras keduanya menampakkan hasil, Turki menjadi negara yang paling berpengaruh di tanah Arab bahkan menyebar ke wilayah Timur dan Barat.

Sejak itu Sultan Suleiman mulai memerintah Kesultanan Utsmaniyah/Turki selama 46 tahun (1520 - 1566) namun dalam masa pemerintahannya itu banyak bermunculan intrik politik dan kisah perseteruan dalam rumah tangganya antara istri dan selir-selirnya yang lain. Termasuk ketika Suleiman bertemu dengan seorang perempuan yang berasal dari Ukraina yang bernama Alexandra (Roxelane). 

Alexandra adalah anak dari seorang pendeta Ukraina yang tewas ketika terjadi serangan di desa mereka di Crimea. Selain ayahnya, ibu dan adiknya pun turut tewas dalam peristiwa tersebut. Ia tertangkap bersama Maria sahabatnya, sedangkan Leo tunangan Alexandra berhasil melarikan diri. 

Alexandra kemudian menjadi budak di istana Suleiman dan belajar mengenal tradisi di Istana tersebut termasuk tradisi jika seorang budak menjadi selir raja dan melahirkan seorang anak, maka ia akan diangkat menjadi Sultana atau istri Sultan yang akan memiliki kewenangan yang besar. Dengan hasrat tersebut ia berusaha menarik perhatian sang Sultan, termasuk ketika berpura-pura pingsan dalam pelukan sang Sultan. 





Pada suatu waktu, pada budak diberi kesempatan untuk bisa menarik perhatian Sang Sultan, mereka diberitahu bahwa siapapun yang berhasil akan diberi sobekan kain ungu oleh Sultan. Alexandra pun berhasil menarik perhatian Sultan, setelah merubah namanya menjadi Hürrem, ia pun kemudian masuk Islam. 

Persaingan, intrik, dan politik mulai semakin memanas, begitu juga istri tertua Sultan yaitu Mahidevran yang juga ibu dari Pangeran Åžehzade Mustafayna yang mulai cemburu dan merasa tersaingi.

Bahkan ketika Hurrem melahirkan seorang anak yang kemudian diberi nama Åžehzade Mehmed, Mahidevran berusaha membunuh anaknya itu dengan memberinya racun. Pada saat itu Sultan memanggil anaknya itu untuk diberi makanan manisan yang ternyata telah diberi racun oleh Mahidevran, namun Hurrem keburu memakan makanan tersebut dan langsung jatuh pingsan. untunglah Sultan mengetahui dan menyelamatkan nyawanya. Akibat peristiwa itu, Kebencian Mahidevran semakin menjadi. 



Bagaimana lanjutan dari mega serial King Suleiman ini, juga bagaimana Alexandra berusaha menghancurkan Ottoman dari dalam untuk membalaskan kematian orang tuanya, lalu bagaimana nasib Mahidevran dan anaknya ? Mari kita tunggu saja penayangannya di Antv.