Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wow, film horor ini dibuat hanya menggunakan smartphone Galaxy

Sebuah film horor Indonesia yang berjudul Cai Lan Gong telah tercatat dalam Museum Rekor Indonesia sebagai film bioskop pertama yang dibuat dengan menggunakan kamera smartphone dengan resolusi 4K.   

film cai lan gong

Film horor yang bertemakan legenda dari Tiongkok  ini berkisah tentang asal usul Jelangkung di Indonesia. Dalam proses pembuatannya, film besutan rumah produksi Rexinema ini menggunakan kamera dari smartphone Samsung Galaxy Note 5. 

Penggunaan kamera untuk membuat film layar lebar sebenarnya pernah dilakukan pada tahun 2012 lalu, lewat film yang berjudul Olive (2012). Namun saat itu, resolusi kamera masih terbatas di standar HD (1280x720).  


Pada kali ini, Cai Lan Gong direkam dengan menggunakan resolusi yang jauh lebih tinggi yaitu standar 4K (3849x216) dengan begitu hasil rekamannya akan menjadi lebih tajam. 


Film Cai Lan Gong disutradari oleh David Poernomo, film ini mengisahkan tentang asal usul Jelangkung di Indonesia. 

Di Tiongkok, ritual jelangkung disebut dengan Cai Lan Gong, kedua ritual ini memiliki tujuan yang sama yaitu memanggil pemanggilan arwah. 

Pengambilan gambar Cai Lan Gong dengan menggunakan smartphone  | Foto: Bintang.com / Rexinema
Cai Lan Gong didukung oleh sederet pemain seperti Anthony Xie, Ronny P.Tjandra, Ineke Valentina, Putri Ariani, dan Vien Febrina. 

Film ini dijadwalkan mulai tayang perdana tanggal 22 Oktober di 25 bioskop 21 yang ada di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Pontianak, Manado, dan Makasar.