Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips belanja online yang nyaman dan menyenangkan di blanja.com

Setelah beberapa kali mencari situs belanja online yang dianggap aman dan menyenangkan, akhirnya pilihan jatuh pada situs blanja.com, sebuah web e-commerce tempat jual beli online di Indonesia yang berada di bawah naungan Telkom indonesia yang bermitra dengan eBay. Untuk membuat pengalaman belanja anda jadi lebih nyaman dan menyenangkan, berikut tips belanja online di blanja.com.


blanja

Berbeda dengan situs jual beli lainnya, situs jual beli dan belanja online blanja.com terbilang memiliki kategori yang cukup lengkap. Di sini anda tidak hanya menemukan produk-produk fashionable saja, namun juga perlengkapan rumah tangga lainnya seperti elektronik, peralatan dapur sampai mainan anak pun ditawarkan di situs blanja.com.

Kenyamanan belanja sudah bisa didapatkan saat membuka-buka kategori produk yang ditawarkan. Seperti halnya eBay, situs blanja.com memang menampilkan semua kategori yang sangat umum ditemukan saat kita belanja di pasar-pasar modern.

Namun perlu diperhatikan, tempat jual beli online blanja.com adalah website e-commerce yang memfasilitasi transaksi jual beli online antara penjual dan pembeli. Produk yang ditawarkan pun bisa berasal dari para penjual yang berbeda-beda dengan harga yang cukup bersaing. Untuk membantu kenyamanan anda belanja, berikut tips belanja online aman dan menyenangkan di blanja.com.

Cari kategori yang sesuai

Ada banyak produk yang dijual di situs blanja.com, untuk itu anda bisa mencari barang apa saja yang diinginkan dengan hanya sekali klik. Tapi jika anda termasuk orang yang 'to the point', maka anda bisa mencari barang yang dicari dengan hanya mengetikkan nama barang tersebut di kolom pencarian. 

Jeli memilih penjual

Ketika mencari barang yang ingin anda beli, maka akan muncul beberapa produk yang ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda. Untuk itu anda perlu jeli memilih mana penjual yang kira-kira mempunyai review dan rating paling bagus. Jika masih bingung, anda bisa memanfaatkan fitur "Bandingkan".  

Harga sesuai kualitas

Ada anggapan umum dalam dunia jual-beli online yaitu harga sesuai kualitas, karena itu jangan terpukau oleh harga yang sangat miring terutama jika produk yang ditawarkan berbeda jenis dari yang anda inginkan. Karena itu sangat penting bagi pembeli untuk melihat terlebih dahulu Deskripsi dan Spesifikasi dari produk tersebut sebelum melakukan pembayaran. Jika dirasa cocok dan sesuai harganya, anda bisa segera membeli dan melakukan pembayaran. Namun jika harga yang tertera masih dianggap cukup tinggi, anda tidak perlu khawatir karena pihak blanja.com selalu menyediakan kupon-kupon potongan harga yagn bisa digunakan.

Pilih metode pembayaran yang sesuai

Di blanja.com, ada banyak pilihan metode pembayaran yang terjamin keamanan dan kenyamanannya. Bagi yang mempunyai rekening bank bisa melakukan pembayaran dengan sistem transfer antar bank atau melalui e-banking. Selain itu, ada juga metode pembayaran dengan sistem Cash on Delivery atau COD.
Cara ini dianggap merupakan cara paling mudah dan cukup efektif, karena pembeli akan membayar setelah barang tersebut dikirimkan langsung ke rumahnya. Namun tidak semua penjual dan produk mendukung metode COD ini, untuk itu anda bisa melihat ketersediaan COD ini dari listing produk yang tersedia.

Lakukan konfirmasi setelah barang diterima

Hal ini yang kerap diabaikan oleh si pembeli. Setelah barang diterima, mereka lupa atau enggan melakukan konfirmasi dengan segera. Blanja.com adalah penyelenggara transaksi jual beli online antara penjual dengan pembeli, fungsinya mungkin mirip-mirip rekening bersama (rekber) jadi cukup aman dalam melakukan setiap transaksinya tanpa perlu takut tertipu oleh si penjual.

Setelah pembeli melakukan pembayaran, maka blanja.com akan memberikan konfirmasi pada si penjual untuk langsung mengirimkan barang tersebut pada si pembeli. Pembayaran biasanya akan diberikan setelah barang diterima oleh pembeli. Karena itulah, sangat penting bagi anda untuk segera melakukan konfirmasi apakah barang sudah diterima atau belum setelah barang tersebut dikirimkan.

Itulah beberapa tips belanja online aman dan menyenangan di blanja.com.

Semoga bermanfaat