Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis tanaman baru pisang abadi ditemukan di Thailand

Kita mungkin lebih mengena edelweis sebagai bunga abadi yang akan terus hidup dan berbunga sepanjang tahun, namun di Thailand baru-baru ini ditemukan jenis pisang liar baru yang dianggap sebagai tanaman abadi. 

Jenis tanaman baru pisang abadi ditemukan di Thailand
Musa nanensis: . Image credit: P. Srisanga.

Pisang jenis baru itu termasuk dalam genus Musa, sebuah genus besar dari keluarga Musaceae yang mencakup lebih dari 70 spesies pisang dan pisang raja. 

Pisang yang baru ditemukan itu diberi nama ilmiah Musa nanensis, sebagai bentuk penghormatan terhadap Provinsi Nan di Thailand utara, tempat spesimen dari spesies pisang baru ini ditemukan.

Menurut Dr. Sasivimon Swangpol dari Universitas Mahidol dan rekan-rekannya, jenis pisang liar baru yang mempunyai tinggi 1,5 - 3 meter ini merupakan tanaman abadi. Sebab, tanaman ini akan terus berbunga sepanjang tahun. Buahnya berukuran panjang 7 cm dengan lebar 1,5 cm.

Bentuk buah pisang baru ini lurus dan sedikit melengkung seiring dengan pertumbuhannya. Setiap tandannya memiliki 3 - 10 sisir yang masing-masing sisirnya mengandung 4 - 10 pisang dengan biji-biji yang tak beraturan. 

Musa nanensis: fruits and hands. Image credit: Sasivimon Chomchalow Swangpol.
Musa nanensis: buah dan bijinya Image credit: Sasivimon Chomchalow Swangpol.

"Takson baru ini mempunyai daun yang umumnya lebih tebal dari spesies Musa lainnya," tulis Dr Swangpol dalam makalah ilmiahnya di jurnal Systematic Botani.

 "Selain itu, Musa nanensis memiliki berbagai bentuk sel epidermis dengan sel hypodermal yang relatif lebih panjang di sisi bawah daun, menyesuaikan sel-sel epidermisnya," tambahnya.


Beberapa spesies Musa nanensis dikumpulkan hanya dari satu wilayah yang dekat dengan perbatasan Thailand-Laos di Provinsi Nan. Namun, diharapkan bahwa spesies baru akan bisa ditemukan di seberang perbatasan yaitu di Laos. 


"Takson itu ditemukan di ketinggian 835 m di hutan cemara kering, di sebuah lembah hutan pegunungan rendah," kata para ilmuwan.


Tanaman pisang abadi jenis Musa nanensis adalah tanaman yang cukup langka. Disamping itu, habitatnya yang beraada di hutan cemara kering di kawasan Tambon Dong Phaya, Amphoe Bo Kluea dari Changwat Nan terancam oleh deforestasi berat dan fragmentasi, sehingga untuk menjaga kelestariannya pihak Badan Konservasi Tanaman dan Satwa liar Internasional atau IUCN memasukkan tanaman tersebut dalam daftar spesies terancam punah yang membutuhkan tindakan konservasi sesegera mungkin.