Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Enam makanan ini bisa menggantikan fungsi sikat gigi

Membersihkan gigi merupakan salah satu bentuk perawatan yang wajib dilakukan setiap hari. Namun membersihkan gigi tidak hanya menggunakan peralatan seperti sikat gigi saja, ada alternatif lain yang bisa membantu menjaga kebersihan dan kekuaran dari gigi. Salah satunya adalah mengkonsumsi enam makanan berikut ini yang bisa menggantikan fungsi sikat gigi.

Makanan yang bisa sehatkan gigi

Makanan yang dibutuhkan untuk tubuh kita ternyata bisa memberi dampak yang buruk pada gigi kita. Sisa-sisa makanan atau gula yang menempel akan membantu bakteri menciptakan asam. Asam inilah yang akan menyebabkan kerusakan pada gigi. Itulah sebabnya mengapa gosok gigi setelah makan sangat dianjurkan.

“Memang tidak ada yang seefektif menyikat dan membersihkan gigi dengan benang gigi 20 menit setiap kali Anda selesai makan," kata Julie Linzel, pakar kebersihan gigi di Charlottetown. Namun ada saatnya kita berada di tempat atau lokasi yang tidak memungkinkan untuk menyikat gigi kita. Jika hal ini menimpa anda, maka konsumsi enam makanan ini bisa menggantikan fungsi sikat gigi dan membantu membersihkan serta menjaga kekuatan gigi kita.

1. Wortel, apel dan seledri

Buah dan sayuran yang rasanya renyah ketika digigit dapat memperbanyak air liur dalam mulut, sehingga mulut akan terasa segar dan bersih. Pastikan saja kalau buah dan sayuran yang anda konsumsi itu tidak memiliki kandungan asam yang cukup tinggi karena berpotensi merusak enamel gigi.

2. Keju dan susu

Kandungan asam pada makanan bisa mempercepat kerusakan gigi. Namun susu serta produk-produk yang dihasilkannya bisa mengurangi kadar asam di mulut. "Selain membuat kenyang, kandungan gula pada susu tidak merusak gigi," kata Dr. Ron Smith, presiden Canadian Dental Association.

3. Bawang merah yang masih mentah

Tambahkan satu atau dua iris bawang merah mentah ke dalam makanan yang sedang anda konsumsi. Sebuah penelitian di Korean University menemukan bahwa bawang merah memiliki sifat antibakteri yang kuat. Dalam percobaan mereka, bawang merah dapat mengenyahkan empat jenis bakteri penyebab kerusakan gigi.

4. Kacang mede



Sudah bukan rahasia umum lagi kalau minyak ekstrak kacang mede mengandung zat antimikroba penyebab kerapuhan gigi. Selain itu, kacang mede juga bisa membantu mencerahkan kulit dan mengusir bakteri penyebab jerawat.

5. Wasabi

Jika anda penyuka sushi, maka ada satu alasan lagi yang akan membuat anda semakin menyukainya. Bumbu pedas yang ada pada sushi ternyata bisa membantu menghentikan aksi bakteri yang sedang berusaha merusak gigi anda.

6. Air putih

Meminum air putih atau berkumur dengan air bersih merupakan salah satu bentuk kegiatan posifit yang sering dianjurkan oleh para dokter gigi. Air mempunyai fungsi yang sama dengan cairan pencuci mulut yaitu membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri dalam mulut. Selain itu, air putih juga sangat baik untuk membantu menyukseskan program diet anda. Satu atau dua gelas air putih yang diminum antara makan pagi dan makan siang, dan makan siang dengan makan malam akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. 

Sumber: besthealthmag.ca