Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 7 keunggulan android 6.0 marshmallow


Beberapa waktu lalu Google pernah mengumumkan mengenai sistem operasi anyar untuk Android versi 6.0 yaitu Marshmallow. Sistem operasi ini menawarkan beberapa fitur terbaru yang sebelumnya tidak ditemukan. Walau begitu, tak semua jenis smartphone bisa mendapatkan upgrade ke versi marshmallow ini, hanya sebagian saja yang akan mendapatkannya yaitu Nexus series, Galaxy S series, dan Xperia Z series. Berikut adalah 7 keunggulan dari Android v6.0 Marshmallow. 

7 kelebihan android 6.0 marshmallow


Marshmallow sengaja dibuat untuk mempermudah penggunanya, karena itulah sistem operasi Android teranyar ini menawarkan beragam fitur-fitur dengan kelebihannya masing-masing, seperti yang terangkum dalam tujuh fitur terbaik Android 6.0 Marshmallow.

Google Now On Tap

Tampilan Google Now on Tap kini makin cantik berkat adanya bebeapa perubahan dan penyempurnaan baru berupa animasi yang lebih menarik dibandingkan versi sebelumnya. Dalam versi 6.0 ini, app-drawer dibuat menjadi lebih minimalis yang mendukung vertical scrolling yang sebelumnya tidak ditemukan dalam Android Lollipop atau versi-versi sebelumnya. 


Beginilah cara kerjanya: tekan dan tahan tombol home saat menjalankan aplikasi, maka Google Now akan membaca layar dan akan mencari hal-hal yang menarik seperti nama selebriti, even atau lokasi dan kemudian akan memunculkan informasi tersebut dalam kotak popup di bawah layar.  Begitu pula ketika seseorang menuliskan nama restoran atau makanan, maka Google Now akan menampilkan lokasi restoran terdekat. 


Selain itu, masih banyak kelebihan-kelebihan lain yang ditambahkan ke dalam fitur Google Now tersebut.


App Permissions


Fitur App Permissions sebenarnya sudah ada sejak Android versi Jelly Bean, namun dalam versi sebelumnya setiap kali kita akan menginstall sebuah aplkasi, maka si pengguna harus terlebih dahulu memberikan izin kepada aplikasi untuk mengakses beberapa info, nah info tersebut tidak akan bisa dirubah lagi kecuali anda menghapus dan menginstall ulang aplikasi tersebut. Namun pada versi Marshmallow, setingan App Permissions bisa anda rubah melalui mode Setting (Pengaturan) tanpa perlu menginstall ulang. 


Fingerprint Support


Hampir semua jenis smartphone baik dari kelas menengah hingga kelas atas sudah bisa menggunakan fasilitas sensor pemindai sidik jari. Namun dalam versi ini, Google lewat Marshmallow memberi peluang bagi pengguanya untuk mengamankan setiap aplikasi dengan pemindai sidik jari tersebut. 


USB Type-C 


USB Type-C yang sering disebut juga dengan USB-C adalah format reversibel dari slot USB terbaru. Slot ini umumnya digunakan untuk mengisi ulang baterai smartphone maupun pemindahan data. Android versi 6.0 Marshmallow telah menambahkan dukungan untuk USB-C tersebut, selain meningkatkan kecepatan transfer data, anda pun tidak akan pernah salah lagi memilih kabel USB yang digunakan.


Seleksi kata yang lebih baik 

Selama ini, pengguna umumnya selalu merasa kesulitan ketika akan menyeleksi atau "higlights" kata di layar Android. Namun dalam versi terbaru ini, Google sadar betul akan hal itu, dan telah menyempurnakan seleksi kata melalui Marshmallow, sehingga akan benar-benar mudah digunakan untuk copy, cut atau paste. 


Pengaturan Volume yang lebih baik


Dalam versi sebelumnya, pengaturan volume untuk sistem menyatu dengan volume untuk mnusik, alarm, dan sebagainya. Alhasil, beberapa produsen smartphone berusaha mengatasinya agar masing-masing bisa bekerja secara independen. Akan tetapi, melalui versi Marshmallow ini Google telah memisahkan fungsi dari masing-masing kontrol volume tersebut. 


Menghapus aplikasi bawaan 


Selama ini Google sudah berusaha mengurangi jumlah aplikasi bawaan atau pre-loaded apps dalam rangka mengoptimalkan kinerja dan kenyamanan pengguna smartphone. Namun untuk aplikasi bawaan yang masih terintegrasi seperti Google Docs, Google+, Google Fit dan aplikasi lainnya para penggunanya bisa melakukan instalasi hanya jika dirasa diperlukan, sedangkan beberapa aplikasi lain tetap pada tempatnya seperti Google Play, Setting, Gmail, dan Clock.


Itulah 7 keunggulan Android versi 6.0 Marshmallow


Semoga manfaat