Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah sebab mengapa jerapah berleher panjang

Dari semua jenis hewan yang ada di dunia, mungkin hanya jerapah yang memiliki leher yang cukup panjang  sehingga bisa menjangkau daun-daunan yang lebih tinggi untuk makanannya. 

Terlepas dari beragam cerita dan mitosnya, apakah anda tahu asal usul bagaimana leher jerapah bisa panjang? Baru-baru ini sebuah tim peneliti telah mendapatkan jawabannya. 



asal usul jerapah punya leher panjang

Penelitian terbaru yang mempelajari fosil para pendahulu jerapah telah menemukan bahwa ternyata jerapah berasal dari keluarga hewan berleher pendek yang bernama Okapi. Hewan ini memakan dedaunan yang tidak terlalu tinggi. 


Dengan memeriksa tulang leher dari 71 jenis binatang yang berbeda yang termasuk dalam 11 spesies jerapah berbeda (termasuk spesies jerapah masa kini) diketahui bahwa nenek moyang jerapah sebenarnya sudah memiliki leher sedikit lebih panjang. Itu artinya pemanjangan leher jerapah telah terjadi sejak lebih dari 16 juta tahun lalu, bahkan sebelum munculnya pengelompokan untuk giraffe-Giraffidae dari hewan berkaki empat ini.


Jerapah pertama yang mempunyai leher terpanjang sudah ada sekitar 7,4 juta tahun lalu setelah melalui sebuah evolusi yang sangat panjang. Dari generasi ke generasi, tulang leher jerapah tertua semain memanjang baik dari atas atau bawah. 


Namun jerapah berleher panjang modern adalah satu-satunya yang mempunyai bagian leher membentang di kedua arah tulang belakangnya sehingga membuat tubuhnya menjadi lebih panjang.