Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wah ada lajur khusus pengguna ponsel di China

Saat ini teknologi tampaknya telah menguasai manusia. Di jalanan banyak kita temukan orang-orang yang berjalan dengan santainya dengan pandangan yang mengarah pada telepon seluler mereka, dan kadang disertai dengan gerakan jari yang sedang mengetikkan huruf-huruf di layar pesan singkat.  

Padahal dengan berjalan sambil memainkan handphone atau mengetik pesan singkat justru bisa mengurangi konsentrasi mereka ketika melangkah, dalam banyak kasus sering terjadi orang yang terjerembab atau terjatuh lantaran terlalu fokus dengan ponselnya itu.


Mencegah hal-hal buruk yang timbul akibat terlalu asyik bermain ponsel ketika berjalan, di China dibangun sebuah trotoar yang dikhususkan bagi orang-orang yang tidak bisa lepas dari gadget canggih mereka.  

Lajur khusus pengguna ponsel atau gadget dan smartphone itu merupakan yang pertama kalinya ada di dunia. Bentangan trotoar sepanjang 100 kaki yang terletak di Chongqing itu pun disulap menjadi jalur khusus yang penuh dengan gambar dan tulisan-tulisan di trotoar yang ditujukan bagi orang yang pandangannya selalu tertuju pada layar ponselnya itu. 


Ide pembuatan jalur khusus pengguna ponsel itu berasal dari Foreigner Street, sebuah proyek yang meniru acara televisi dari National Geographic pada awal tahun ini. Progam tersebut menemukan bahwa hanya beberapa orang saja yang merubah posisi jalannya ketika mendapati tulisan atau rambu - rambu di jalanan. 


Ide tersebut disambut dengan sangat baik oleh Kepolisian Tiongkok, mereka merasa dengan adanya tanda-tanda khusus di jalan trotoar khusus pengguna ponsel itu akan mengingatkan mereka untuk tidak selalu menggunakan ponselnya ketika berjalan untuk keselamatan dirinya. 

Hmm, mungkinkah bisa diterapkan di Indonesia?