Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hitori Kakurenbo, permainan petak umpet dengan hantu

Bagi anak-anak kecil petak umpet atau ucing sumput (bs sunda) adalah permainan bersembunyi yang menyenangkan. Tapi tidak demikian halnya dengan Hitori Kakurenbo, sebuah permainan petak umpet di Jepang. 

Tidak ada kesenangan dalam permainan ini kecuali perasaan yang menyeramkan lantaran lawan main dari permainan kucing-kucingan itu adalah sosok yang benar-benar ghaib!

Sebelum kita mengetahui bagaimana jalannya permainan ini, mari kita simak apa sebenarnya Hitori Kakurenbo ini. 


Permainan ini sebenarnya bukanlah permainan pada umumnya, tetapi lebih merupakan sebuah ritual yang dilakukan orang-orang Jepang pada jaman dulu untuk berkomunikasi dengan arwah gentayangan untuk berbagai macam keperluan dengan menggunakan media boneka sebagai penggantu tubuh manusia yang kerasukkan. Kita mungkin mengenalinya dengan jelangkung, tetapi yang berbeda adalah boneka ini bisa bergerak dan mengeluarkan suara !. 




Banyak orang yang meyakini bahwa permainan ini sebenarnya merupakan sebuah ritual untuk memanggil keberadaan arwah jahat ke dalam rumah. Bahkan dipercaya juga sosok ghaib yang dipanggil itu merupakan arwah dari seseorang yang terperangkap di bumi atau arwah dari seseorang yang telah dikutuk. 


Namun sebuah penegasan membuat semuanya menjadi masuk akal, yaitu dalam permainan tersebut arwah atau roh dari orang yang anda ajak bermain merupakan refleksi dari citra jati diri sendiri ( Hmmm, mungkin semacam Qorin gitu ya). Dan ketika anda memanggil roh tersebut untuk bermain, maka mereka akan terperangkap dalam sebuah boneka yang telah anda siapkan.


Cara melakukan ritual permainan ini cukup bervariasi, namun pada intinya adalah menyediakan media dan tempat, dalam hal ini sebuah boneka dan rumah anda tentunya.


Adapun peralatan yang digunakan dalam ritual ini adalah sebuah boneka, benang warna merah, potongan kuku atau tetesan darah, pisau atau gunting, beras, gelas berisi air garam, dan rumah yang kosong (rumah tinggal anda yang hanya dihuni oleh si pemain).

Sebelum ritual dimulai pemain menutup semua pintu, jendela, tirai dan mematikan lampu di rumahnya. Lalu dengan menggunakan pisau atau gunting, si pemain kemudian menyayat tubuh boneka lalu memasukkan potongan kuku atau tetesan darah beserta beras ke dalamnya setelah mengeluarkan isi perut boneka tersebut (biasanya kapas).
Kemudian pemain menjahit boneka tersebut dengan menggunakan benang merah yang dalam budaya Jepang melambangkan nadi manusia.
Setelah itu pemain mulai mengisi bak atau wastafel dengan air, lalu mulai memulai permainan dengan berkata "(nama pemain) yang jaga pertama" sebanyak tiga kali dan disertai dengan melemparkan boneka ke wastafel atau bak mandi.
Proses berikutnya tidak kami lanjutkan di sini karena sudah banyak yang mengerti bagaimana memainkannya. 
Berikutnya cerita horror akan segera dimulai, ketika si pemain sedang bersembunyi maka ia akan sering sekali mendengar suara-suara aneh disekelilingnya, misalnya saja suara langkah kaki, suara tv yang berpindah-pindah saluran, suara benda yang bergeser atau suara lain yang bisa muncul. Dalam beberapa kasus sering juga terdengar suara orang yang tertawa, menangis atau bahkan mengancam untuk menyuruh si pemain keluar dari persembunyian anda. Jika itu terjadi, jangan sekali-sekali keluar dari tempat persembunyian anda!.



Dalam permainan tersebut, si pemain harus benar-benar memainkannya dengan sangat serius, karena jika sampai keluar dari persembunyian atau mengintip keluar, maka akibatnya bisa cukup mengerikan. Banyak yang menyebutkan bahwa mahluk gaib tersebut akan menusuk si pemain dengan pisau atau gunting yang sebelumnya digunakan untuk merobek boneka, sedangkan yang lainnya menyebutkan bahwa mahluk gaib itu akan merasuki tubuh pemainnya. 

Meskipun kemudian permainan itu mulai dianggap membahayakan, maka permainan itu tidak bisa begitu saja dihentikan, permainan harus terus dilanjutkan sampai tuntas!. Segera masukkan air garam ke dalam mulut lalu bawa sisa air yang berada dalam gelas menuju ke tempat di mana boneka berada. Pada saat itu biasanya boneka sudah tidak berada di tempatnya semula atau berpindah tempat, jadi gunakan kesempatan anda untuk mencarinya. Yang harus diperhatikan adalah tidak menumpahkan air garam yang berada dalam mulut dan gelas yang anda bawa. Begitu boneka ditemuan segera sembur dengan air garam yang ada di mulut dan gelas, sambil berkata "Aku menang" sebanyak tiga kali.

Potong benang merah yang ada diboneka tersebut dan bakar bonekanya sampai habis, maka itu menandakan permainan telah selesai.

Kemisteriusan permainan ini telah mengundang banyak orang yang penasaran untuk memainkannya, bahkan dalam sebuah LiveJournal disebutkan untuk tidak bermain-main dengan Hitori Kakurenbo ini karena beberapa alasan, di antaranya adalah pemain yang menghilang, atau pemain yang dirasuki oleh mahluk halus yang ikut permainan ini. Banyak yang menyebutkan bahwa permainan ini adalah permainan kutukan, dan siapa pun yang memainkannya akan terkena kutukannya! 


Kisah menyeramkan mengenai permainan ini bisa anda simak dalam sebuah blog milik seseorang bernama samaran black cat loki yang menceritakan pengalaman mengerikannya ketika bermain Hitori Kakurenbo. Silakan anda kunjungi blognya di sini: http://black-cat-loki.tumblr.com/ 


Keywords : permainan petak umpet , penampakan hantu , dunia lain , hitori kakurenbo , black cat loki , permainan anak-anak , misteri , dunia misteri , aneh dan unik , misteri dunia lain , boneka hantu , boneka , ghost story , paranormal , permainan petak umpet , penampakan hantu , dunia lain , hitori kakurenbo , black cat loki , permainan anak-anak , misteri , dunia misteri , aneh dan unik , misteri dunia lain , boneka hantu , boneka , ghost story , paranormal , permainan petak umpet , penampakan hantu , dunia lain , hitori kakurenbo , black cat loki , permainan anak-anak , misteri , dunia misteri , aneh dan unik , misteri dunia lain , boneka hantu , boneka , ghost story , paranormal ,