Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lima misteri besar di India yang belum terungkap

Selain terkenal dengan film-film Bollywood dan tariannya yang khas, India ternyata dikenal memiliki beragam misteri yang hingga kini belum terungkap. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan meyakini bahwa India pada zaman dahulu merupakan sebuah peradaban yang lebih maju melebihi peradaban lain yang ada di dunia. 

lima misteri besar di India yang belum terungkap


Spekulasi tersebut muncul setelah munculnya penemuan sisa-sisa bebatuan yang telah hangus serta beberapa batu besar dengan permukaan yang tidak rata di sepanjang pinggiran Sungai Gangga, India. Hasil analisa dan uji coba karbon membuktikan bahwa permukaan bebatuan yang tidak rata itu merupakan dampak dari radiasi akibat ledakan nuklir yang terjadi sekitar 5000 tahun lalu.

Penemuan tersebut hanya merupakan sebahagian kecil saja, karena masih banyak misteri-misteri yang belum terungkap di India sebagaimana terangkum dalam lima misteri besar di India yang belum terungkap.

1. Manusia kera 

 
Cerita mengenai manusia bertubuh kera merupakan salah satu misteri yang paling populer di India. Selama lebih dari 10 tahun, tepatnya sejak tahun 2001 lalu banyak bermunculan laporan-laporan penampakan manusia bertubuh kera di Delhi. Orang-orang yang telah melihatnya menyebut bahwa mahluk ini menutupi wajahnya dengan sebuah topi yang terbuat dari logam dan memiliki cakar yang tajam yang juga terbuat dari logam. Laporan lain menyebutkan "kera jadi-jadian" ini mempunyai tinggi badan mencapai 2.5 meter. 

Pada tanggal 13 Mei 2001, terjadi sesuatu yang menghebohkan yaitu saat penduduk kota digemparkan oleh sosok manusia kera yang mengamuk dan melukai sedikitnya  15 orang. Akibat peristiwa tersebut, penduduk kota menjadi ketakutan dan tidak berani keluar rumah sendirian. Sampai hari ini, misteri mengenai manusia kera tersebut masih belum terungkapkan.

2. Pilar besi di Delhi 


 
Sepintas pilar yang berdiri di tengah bangunan yang tinggal puing-puingnya itu tampak seperti tiang biasa dan tidak ada keistimewaannya. Namun pilar itu bukan pilar biasa, pilar tersebut dikenal sebagai The Iron Pillar of Delhi atau Pilar Besi Delhi. Yang membuatnya istimewa adalah bahwa pilar setinggi 7.21 meter itu terbuat dari 99& besi dengan kualitas unggulan.

Lokasi tempat Pilar besi itu berada kini menjadi tempat tujuan wisata yang menarik minat wisatawan lokal dan internasional untuk mengunjunginya. Menurut penelitian, pilat tersebut memiliki berat mencapai 6000 kilogram dan sudah berdiri di tempat tersebut selama lebih dari 1.600 tahun. 

3. Mampu bertahan hidup tanpa makan dan minum 



Misteri lain yang kerap disaksikan di India adalah banyaknya orang-orang yang mengaku bisa hidup tanpa makan dan minum. Bagi manusia normal, hal tersebut tentu tidak masuk di akal, namun fakta itulah yang banyak terjadi di India. Seorang pria India yang bernama Prahlad Jani atau lebih dikenal dengan sebutan Mataji adalah seorang Sadhu atau orang suci dalam kepercayaan orang Hindu. Pria ini mengklaim bisa hidup tanpa perlu makan atau minum dan sudah melakukannya sejak tahun 1940 silam. Ia justru berasumsi bahwa karena tidak makan selama lebih dari 70 tahun itu yang membuatnya tetap hidup hingga sekarang.

Perkataannya tentu dianggap bualan semata, sampai kemudian para ilmuwan tertarik untuk melakukan penelitian dan menguji kebenaraan ucapan Mataji. Tahun 2010 sebuah obervasi khusus dilakukan untuk menelitinya, Mataji pun ditempatkan dalam kamar khusus yang dilengkapi 3 buah kamera yang aktif selama 24 jam. Selama 15 hari berada dalam kamar tersebut, Mataji tidak mendapat makanan ataupun minuman. Ajaibnya, selama itu pula tidak ada indikasi kelaparan atau dehidrasi akibat kekurangna cairan. Kesehatannya justru kian meningkat dan kulitnya jadi tampak lebih muda dari yang semestinya. 

4. Misteri Kuldhara, kota terkutuk


 
Kuldhara adalah sebuah kota tua yag berusia 500 tahun. Kota ini pernah dihuni oleh sekitar 1.500 orang penduduk. Pada suatu hari, sebuah peristiwa misterius melanda kota tersebut yang membuat semua penduduknya menghilang atau meninggalkan kota itu secara misterius. 

Hingga kini, alasan menghilangnya semua penduduk dari kota tersebut masih dianggap sebuah misteri. Kuldhara kini menjadi sebuah kota hantu yang tanpa kehidupan sama sekali. Sesekali muncul laporan penampakan seram yang terjadi di kota tersebut. Bahkan tidak sedikit orang yang kebetulan mengunjungi kota itu akan mendengarkan suara misterius yang seperti memarahi atau mencaci-maki mereka.

5. Ledakan misterius di Jodphur




 
Ledakan sonic adalah gelombang suara yang dihasilkan oleh pesawat terbang yang melaju melebihi kecepatan suara pada umumnya (1.127 km/jam). Kondisi tersebut tidak mungkin terjadi jika pesawat tidak melaju dengan kecepatan super cepat. Dalam sebuah kasus, pada tanggal 18 Desember 2012, ledakan sonic yang sangat keras mengagetkan seluruh penduduk kota di Jodhpur. Banyak orang percaya bahwa suara tersebut bersumber dari pesawat angkatan udara yang sedang melintas. Namun klaim tersebut dibantah oleh Angakatan Militer setempat. Sampai kini, sumber ledakan tersebut masih menjadi teka – teki yang membingunkan dan oleh sejumlah media sering dikaitkan dengan ledakan misterius yang pernah terjadi di Inggris dan Texas, Amerika Serikat.