Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah jadwal gerhana matahari total di beberapa daerah

Fenomena gerhana matahari total akan terjadi di beberapa daerah di Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang. Namun gerhana matahari tersebut tidak akan bisa dilihat oleh semua masyarakat Indonesia secara langsung, karena menurut data dari BMKG hanya 11 provinsi yang dilintasi oleh gerhana matahari total ini. Berikut ini jadwal lengkap gerhana matahari total 9 Maret 2016. 


Inilah jadwal gerhana matahari total di beberapa daerah



Gerhana matahari total adalah peristiwa langka yang terjadi ketika lintasan bulan dan matahari berada dalam satu jalur. Akibatnya, daerah yang terkena lintasan tersebut akan mengalami kegelapan total selama beberapa menit.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa butuh waktu 350 tahun untuk bisa melihat gerhana matahari total di tempat yang sama, dan itu berarti kesempatan untuk menyaksikan fenomena alam nan langka ini hanya terjadi seumur hidup sekali. 

Sayangnya, fenomena alam ini tidak bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia, hanya 11 provinsi saja yang dilintasi gerhana matahari total ini. Kesebelas provinsi tersebut adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

daerah yang terkena gerhana matahari
Wilayah yang dilintasi gerhana matahari total




Peristiwa gerhana matahari total akan terjadi pada pagi hari, dan bisa berbeda-beda untuk setiap wilayahnya. Berikut prakiraan  munculnya gerhana matahari total di beberapa daerah:

  • Wilayah Indonesia bagian barat gerhana matahari dimulai pukul 06.20 WIB, di wilayah Palembang dan mencapai puncaknya pukul 07:21 WIB.
  • Wilayah Tanjung Pandan gerhana dimulai pukul 06:21 dan mencapai puncak pada pukul 07:23 WIB.
  • Wilayah Palangkaraya gerhana dimulai pukul 06:23 dan mencapai puncaknya pada pukul 07:30.
  • Wilayah Bengkulu (Muko-Muko) gerhana matahari mencapai puncaknya pukul 07:19.
  • Wilayah Indonesia bagian tengah (Palu), gerhana matahari dimulai pukul 07:27 dan mencapai puncaknya pukul 08:38 WITA.
  • Sedangkan di wilayah Ternate yang berada di bagian timur Indonesia, gerhana matahari dimulai pukul 08:36 dan mencapai puncaknya pukul 09:52 WIT.

Sedangkan bagi  daerah-daerah lain yang tidak mendapat "jatah" melihat fenomena gerhana matahari total, bisa melihatnya secara langsung melalui streaming yang disediakan oleh BMKG di gerhana-indonesia.id