Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gurita menggemaskan ini mirip hantu casper

Penjelajah samudera NOAA baru-baru ini telah menyelesaikan penyelaman operasionalnya di tahun 2016.

Misi mereka adalah untuk menjelajah dasar samudera di Kepulauan Hawaii untuk mengumpulkan informasi tentang dasar laut antara Pulau Necker dan Necker Ridge. 


Namun dalam penelitiannya itu, mereka perhatian mereka teralih pada sosok gurita berwajah imut mengemaskan yang mirip hantu casper.

gurita mirip hantu casper


Pertemuan dengan gurita unik itu terjadi saat tim menggunakan Deep Discoverer, yaitu sebuah kendaraan laut yang dioperasika dengan kendali jarak jauh, untuk mengumpulkan sampel geologi dari dasar laut yang berjarak 4.290 meter di bawah permukaan laut.

Semuanya berjalan lancar seperti yang telah direncanakan, namun ketika Deep Discoverer tiba di sebuah batu datar yang tertutup sedimen, sosok gurita kecil berwarna putih sedang asyik nongkrong di atasnya.

“Penampilan hewan ini tak seperti gurita-gurita yang pernah dipublikasikan sebelumnya. Ini juga pengamatan terdalam untuk jenis Cephalopoda,” tulis tim NOAA, seperti dilansir dari nationalgeogaphric.co.id.

Jenis-jenis gurita laut dibagi menjadi dua kelompok yang berbeda, yaitu cirrata dan incirrata. Gurita subordo cirrata diketahui mempunyai dua buah sirip dan cangkang dalam, yang akan mengurangi kemampuannya masuk ke celah yang sempit. 


Sedangkan sebagian besar gurita dari subordo incirrata memiliki tuuh yang terdiri dari otot tanpa tulang rangka sehingga memudahkan mereka untuk menyelinap di antara celah-celah yang sangat sempit.

Para peneliti merasa yakin kalau spesies gurita yang baru mereka temukan itu termasuk dalam kelompok  gurita incirrata. 


gurita lucu



“Hewan ini tidak biasa karena tidak memiliki sel-sel pigmen yang disebut kromatofora—ciri kebanyakan Cephalopoda—dan tak kelihatan berotot. Itulah sebabnya hewan ini berpenampilan mirip hantu, sehingga dijuluki ‘Casper’. Hampir dapat dipastikan bahwa gurita ini merupakan spesies baru dan mungkin akan masuk genus baru,” papar tim NOAA.

Yang menarik adalah bahwa ini merupakan kali pertama gurita incirata diamati dalam kedalaman seperti itu. Dengan demikian menguatkan hipotesis bahwa mahluk menggemaskan ini adalah dari jenis spesies baru.

Walaupun tidak banyak bukti yang mendukung hipotesis mereka, namun tim NOAA harus melewati proses yang sangat panjang untuk membuktikan pada dunia bahwa gurita casper ini merupakan spesies baru.