Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah foto Billy the Kid yang berharga 5 juta Dollar AS

Sebuah foto menyimpan sejarah yang tersembunyi dan hanya diketahui oleh pelakunya. Bahkan sebuah foto pun bisa memiliki nilai yang sangat tinggi, terutama jika di dalamnya terdapat orang yang paling disegani dalam sejarah.   
Randy Guijaro seorang penggemar berat film-film bergaya western aka koboi, suatu hari mengunjungi sebuah toko loak. Di sebuah pojokan dekat tempat sampah, ia melihat sebuah foto yang menurutnya sangat menarik. 

Foto tersebut bergambar beberapa orang sedang bermain Croquet / kriket. Ia pun menebus foto antik tersebut dengah harga 1 Dollar AS atau sekitar 13 ribu rupiah.

foto Billy the Kid 5 juta
Foto ini dibeli 2 dollar dan laku 5 juta dollar


 Ketertarikan pria itu pada foto yang baru ditemukannya itu sangat beralasan, karena ia merasa pernah melihat sosok perempuan yang ada di gambar tersebut dari sebuah buku. 

Randy merasa bahwa sosok perempuan dalam gambar itu sangat mirip dengan Sally Chisum, sosok wanita yang dikenal memiliki hubungan dekat dengan William H.Bonney atau yang lebih dikenal dengan nama Billy the Kid. Apalagi ia juga mengkoleksi buku diarynya yang mencatat pertemuan Sally dengan sang koboi legendaris itu.

Sosok lain yang menarik perhatiannya adalah sosok seorang yang tengah berdiri memegang tongkat kriket. Randy sangat yakin kalau orang dalam foto tersebut adalah Billy the Kid bersama gengnya yang dikenal sebagai "Regulator". 

Seperti diketahui, foto otentik Billy the Kid sangat jarang ditemui. Di dunia saja baru ada satu foto yang merupakan foto asli Billy the Kid di tahun 1880, dan foto itu pun telah laku terjual pada seorang kolektor dengan harga 3 juta Dollar AS. Hal tersebut tentu semakin membuatnya bersemangat menelusuri sejarah dari foto yang baru ia dapatkan itu.

Selama bertahun-tahun sudah banyak orang yang mengakui memiliki foto Billy The Kid yang asli, namun tanpa bukti otentik semua itu dianggap sebagai bualan belaka. Oleh karena itu, Randy sangat antusias sekali mencari bukti-bukti kebenaran anggapannya itu. 


Petualangannya dimulai dengan mengidentifikasi foto, dari penelitian yang telah dilakukan oleh seorang ahli fotografi ditemukan fakta bahwa foto yang ia dapatkan itu berasal dari tahun 1870 - 1880, dengan kemungkinan tepatnya 1878. 


Foto otentik Billy The Kid


Dari keluarga Sally Chisum yang diperkirakan ada dalam foto tersebut, Randy pun mendapatkan fakta baru yang bisa meyakinkannya bahwa sosok perempuan dalam foto tersebut adalah  benar Sally Chisum. 


Sedangkan bagian yang paling dianggap aneh adalah mengapa orang-orang di dalam foto tersebut tampak tengah bermain Croquet atau Kriket. Ia pun mendapatkan jawabannya, bahwa lahan yang ada dalam foto tersebut adalah milik John Tunstall, si orang Ingggris yang merupakan sahabat dekat Billy The Kid. Nah, si John itu sangat suka bermain Croquet, dan kemungkinan besar ia mengajak Billy dan Gengnya teh Regulator untuk bermain Kriket merayakan pernikahan dari dua orang yang dalam fotonya sedang menaiki kuda. 


Untuk membuktikan keyakinannya, Ia pun mengunjungi seorang ahli identifikasi wajah, dan diketahui kemiripan antara foto yang ia temukan dengan foto otentik lainnya memiliki kemiripan lebih dari 80 persen. Untuk pembuktian lokasi, ia memanfaatkan aplikasi Google Earth untuk mencari lokasi tepat dimana foto ini dibuat.


Pencariannya membuahkan hasil, ia pun segera mengunjungi lokasi tersebut, dan ternyata pondok dan latar belakang yang ditemukannya itu sangat mirip dengan gambaran yang terdapat dalam fotonya itu. 




Berkata usaha kerasnya tersebut, Randy berhasil menjadi Milyuner setelah koleksi fotonya itu laku terjual seharga 5 juta Dollar AS.  


Siapa Billy The Kid ? 


Billy the Kid lahir di New York dari keluarga imigran Irlandia , Henry McCarty.  Petualangan Billy muda berawal pada tahun 1875 saat ia tertangkap karena mencuri pakaian dari sebuah Laundry milik orang Cina di Silver City, Mexico.
Ia kemudian bekerja di wilayah Graham sebagai seorang petani, kuli angkut dan kobot. Sejak itu lah ia mulai melakukan beragam aksi kriminal mulai dari perampokan bank maupun pembajakan. 


Selain kasus-kasus perampokan, Billy the Kid juga disegani lantaran kehandalannya dalam menembak, selama hidupnya yang pendek, ia telah membunuh 21 orang yang dikenal sebagai jagoan koboi.  Dalam usia yang masih muda atau sekitar 15 tahun, Billy telah melakukan pembunuhan pertamanya pada tahun 1877.


The Kid dikenal sebagai orang yang  ramah, berkepribadian, cerdas, dan sering mengenakan sombrero Meksiko.  Hal tersebut membuatnya semakin populer sebagai penjahat terkenal dan pahlawan rakyat.  


Youg Guns sebuah fillm yang menceritakan petulangan Billy The Kid bersama gengnya


Sebagai dampak dari Lincoln County War, Lew Wallace, yang baru menjabat sebagai gubernur di New Mexico memasukkan Billy dalam daftar orang paling dicari atas pembunuhan Sheriff Brady pada tahun 1878. Ia menjanjikan uang senilai US$ 500 bagi orang yang bisa menangkapnya hidup atau mati.  


DI bulan November 1880, Billy bersama tiga orang rekannya ditangkap dan diadili oleh Pengadilan Amerika Serikat. Dia dijatuhi hukuman gantung dan kemudian dipindahkan ke gedung pengadilan dan penjara di Lincoln, namun pada tanggal 28 April 1881, Billy berhasil melarikan diri setelah membunuh deputi James Bell dan Robert Olinger. 


Pada suatu malam, riwayat Billy the Kid tamat oleh sebuah peluru yang menyalak dari pistol Sheriff Lincoln County , Patrick Floyd Garret yang selama ini sangat getol mencari tahu keberadaannya.  


Billy tertembak oleh Sherif Pat Garret


Jasad sang legenda itu kemudian dimakamkan di Fort Summer berdampingan dengan makam dua orang rekannya yang sama -sama terbunuh.