Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah rambut Nabi Muhammad SAW yang dipamerkan di museum Rusia

Museum Crocus yang terletak di Moskow, Rusia beberapa waktu lalu memamerkan koleksi rambut milik Nabi Muhammad SAW. Peninggalan nabi besar umat muslim itu dipinjamkan sementara dari Museum Makhachkala di Negara Bagian Dagestan yang berbatasan dengan Georgia, dalam rangka perayaan Maulid Nabi 2015 yang telah dilangsungkan pada pertengahan bulan Januari lalu. 

Untuk menjaga kemanan dari peninggalan bersejarah yang tak ternilai harganya itu, rambut tersebut dikirimkan dengan menggunakan paket tabung khusus yang kedap udara dalam sebuah pesawat jet pribadi dengan pengawalan ketat dari jet tempur pasukan militer Dagestan.


Antusiasme warga muslim Rusia untuk bisa menyaksikan rambut Rasulullah dari dekat tersebut cukup tinggi, sampai-sampai lokasi pameran yang semula di Masjid Jami Moskow harus dipindahkan ke Museum Crocus untuk alasan keamanan. Pemerintah Rusia khawatir jumlah umat muslim yang ingin melihat rambut milik Rasulullah itu membludak, sedangkan pameran hanya digelar selama dua hari saja. 


rambut Nabi Muhammad SAW


Karena itu, pameran kemudian dipindah ke Museum Crocus, dan bagi pengunjung yang ingin melihatnya langsung harus terlebih dahulu membayar tiket masuk biasa namun dengan jumlah pengunjung yang dibatasi. 


Umat muslim di Rusia kini telah mencapai 14 persen dari total populasi, dan menjadikan agama Islam sebagai agama yang paling banyak dianut warga dari negara bekas Uni Soviet setelah Kristen Ortodoks. 


Spesimen rambut yang dipamerkan ini diwariskan dari Kekaisaran Ottoman, dan diyakini bahwa rambut Nabi Muhammad SAW ini telah disimpan oleh seorang tukang cukur kepercayaan Nabi yang bernama Salman. Spesimen serupa juga bisa dilihat di Museum Topkapi di Istanbul, Turki. 


 rambut Nabi Muhammad SAW

Selain rambut, peninggalan Nabi Muhammad lainnya yang masih ada adalah berupa gigi, tapak kaki, tongkat, baju zirah yang semuanya tersimpan dalam museum yang ada di Topkapi, Turki, Yordania, Irak, dan negara-negara di Timur Tengah lainnya.


Untuk melihatnya, silakan buka lagi: 

Foto dan gambar ekslusif peninggalan Rasulullah SAW