Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Foto pertama mammalia imut "Pika" setelah 20 tahun

Penggemar anime Pokemon pasti sudah mengenal karakter monster lucu yang bernama Pikachu. Tapi tahukah anda bahwa kaakter Pikachu ternyata terinspirasi dari sejenis hewan langka yang bernama Pika.  

Pika adalah sejenis hewan mammalia berukuran kecil dengan kaki kecil dan bentuk telinga bulat yang tidak asing bagi penggemar serial Pokemon ini.  Penyebutan pika digunakan untuk seluruh anggota dari keluarga Ochotonidae, yang termasuk di antaranya adalah Leporidae (Kelinci).  


pikachu



Baru-baru ini seorang  konservasionis Li Weidong berhasil mengambil gambar hewan berkuping lebar ini. Foto-foto pika yang anda lihat di bawah ini adalah foto pertama kali yang berhasil diambil setelah 20 tahun. Populasi pika memang sudah bisa dibilang sangat langka dan hampir punah, akibat perubahan cuaca dan gangguan di habitatnya. 


pika

Pika biasa di temukan di kawasan bebatuan di Tuan Shan, sebuah gunung yang terletak di antara Kyrgyzstan dan Injiang di daerah utara Tiongkok. Lu menemukan keberadaan Pika lucu ini di antara bebatuan. 


Setelah meninjau habitat asli hewan mammalia ini, Li memperkirakan populasi hewan imut ini telah berkurang sebanyak 70 persen sejak pertama kali ditemukan pada 30 tahun yang lalu. Pada masa kini diperkirakan hanya terdapat seribu hewan lucu ini yang masih bertahan hidup di alam liar. Berkurangnya populasi mereka disebabkan oleh pemanasan global dan berbagai penyakit. 


Sejak pertama kali menemukan spesies ini pada tahun 1983, Li dan para relawan lingkungan harus berjuang sendiri dengan melakukan berbagai riset dan analisis. 


Namun karena usia Li yang kini sudah mencapai 60 tahun dan tidak lagi kuat harus naik turun gunung untuk menjumpai mahluk lucu ini, maka ia pun semakin khawatir akan kelestarian spesies ini, apalagi pemerintah Tiongkok sama sekali belum memasukan pika dalam daftar khusus hewan yang berada di bawah perlindungan Tiongkok. Li merasa khawatir kalau pika benar-benar akan mengalami kepunahan.