Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Uniknya Dong Tao si ayam naga dari Vietnam

Jika melihat kaki ayam ini mungkin anda akan bergidik melihat bagaimana besar bentuk cekernya. Tapi percaya atau tidak, ayam ini justru sangat populer di negara asalnya yaitu Vietnam. Dong Tao Chicken yang memiliki julukan 'ayam naga' ini adalah jenis unggas yang dibiakkan di Vietnam. Karena sering digunakan sebagai ritual dan makanan lezat, maka ayam Dong Tao menjadi jenis ayam langka dengan harga yang sangat tinggi.

Dong Tao si ayam naga dari Vietnam



Untuk satu kilo daging ayam Dong Tao dihargai sekitar 350.000 - 400.000 VND ( US$ 17-19 ) atau sekitar Rp 200.000 - Rp 250.000, sedangkan untuk jenis yang berkualitas yang dilihat dari ketebalan cekernya akan dihargai 5-6 juta VND atau sekitar Rp 2,8 juta - Rp 3,2 juta per ekornya. 

ayam Dong Tao

Menjelang hari Tet atau Tahun baru Vietnam, harganya akan naik lagi seiring banyaknya permintaan. Pada tahun 2013 bahkan pernah ada seorang petani dari Kota Ho CHi Minh yang menolak menjual sepasang ayamnya setelah ditawar 50 juta VND atau sekitar Rp 40 juta !. 

Ayam yang tampak berbentuk aneh ini aslinya berasal dari Komune Dong Tao di Provinsi Hung Yen. Peternakan ini dimiliki oleh Vu Ngoc Tuan yang memiliki 400 pasang indukan dan rutin mengirimkan puluhan ekor ayam jenis ini ke beberapa rumah makan di Kota Ho Chi Min setiap harinya. 

Uniknya Dong Taio si ayam naga dari Vietnam
Hidangan ceker ayam Dong Tao yang sangat lezat

Jangan lewatkan: