Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Enam tradisi unik yang hanya ada di India

Sebagai negara bekas jajahan Inggris, India memiliki adat tradisi dan kebudayaan yang cukup kental. Negeri tempat film-film Bollywood berasal ini dikenal sangat menjunjung tinggi nilai budaya yang tercermin dari kebiasaan mereka sehari-hari. 

tradisi unik yang hanya ada di India


Bahkan hampir setiap aspek kehidupan masyarakat India diatur dengan sangat baik oleh adat istiadat setempat. Itu pula yang menyebabkan film-film India cukup terkenal hingga seantero dunia lantaran selalu konsisten dalam menampilkan kekayaan budaya mereka yang memang sudah melekat dengan kehidupan sehari-hari.

Selain itu, India juga memiliki beberapa festival adat yang cukup unik dan mampu menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Berikut enam tradisi unik yang hanya ada di India.

1. Makan bersama para tikus 

 

Bagi sebagian orang, tikus merupakan jenis hewan pengerat yang dianggap menjijikan dan menyebarkan penyakit. Namun di India, tikus adalah salah satu hewan yang sangat dihormati. Faktanya, sebuah kuil bernama Karni Mata di wilayah Rajashtan, India menjadi tempat tinggal untuk sekitar 20 ribu ekor tikus!

Berdasarkan legenda, tikus-tikus tersebut merupakan pelayan dari Dewi Durga yang tidak rela kehilangan anak lelakinya yang telah wafat. Uniknya, saat tradisi Karni Mata sedang berlangsung, ada kepercayaan yang menyebutkan bahwa memakan makanan sisa gigitan tikus di kuil tersebut akan memberikan keberuntungan.

2. Tradisi gantung diri dengan kail 


 

Garudan Thookkam Kerala adalah sebuah tradisi yang cukup membuat merinding. Bagaimana tidak, dalam tradisi tersebut beberapa orang akan digantung di sebuah palang kayu sambil diarak keliling kota. Uniknya orang-orang tersebut bergelantungan menggunakan sebuah mata kail yang menancap di punggung mereka.

Tradisi ini menggambarkan hewan mitologi bernama yang bernama Garuda tunggangan Dewa Wisnu yang dikirim pada Dewi Kali untuk dinikmati darahnya.  Namun karena tradisi ini dianggap cukup berbahaya, beberapa wilayah tidak lagi menggunakan mata kail yang tajam tetapi cukup digantung menggunakan tali saja.

3. Tradisi perang api 


 

Tradisi perang api disebut sebagai festival Agni Keli Mangalore. Tradisi ini rutin dilakukan di India dengan hanya melibatkan para pria dewasa saja. Biasanya acara ini akan dilangsungkan di kuil Kateel Durga Prameshwari dan para pesertanya akan saling melempar bola api  yang panas. Tradisi tersebtu dilakukan untuk menghormati Dewi Durga dan hanya dilakukan sekitar 15 menit saja.

4. Tradisi abu warna 



 

Tradisi Lath Mar Holi Barsana adalah salah satu festival popular yang banyak diikuti oleh pria dan wanita. Dalam festival tersebut, mereka akan saling berbaur dan menaburkan abu berwarna warni.

5. Tradisi kecantikan unta 


 

Ternyata unta tidak hanya dipeliihara di jazirah Arab saja, namun juga di India. Masyarakat India sudah lama menggunakan unta sebagai tunggangan dan hewan peliharaan. Bahkan sebuah festival tahunan yang bernama Festival Pushkar diadakan khusus untuk hewan padang pasir ini. Dalam festival tersebut, unta-unta akan didandani dengan pakaian dan aksesoris khusus serta dilombakan bak para model cantik bergaya di Catwalk. 

6. Tradisi kerasukan 



Theyyam Kerala adalah sebuah festival yang diadakan secara rutin di India. Festival ini dilakukan untuk persembahan bagi para dewa dan sebagai simbol terima kasih kepada bumi. Para penari akan menari dengan menggunakan kostum unik dengan sekujur tubuh diwarnai merah. Yang membuat suasana menjadi mencekam adalah ketika para penari menari dalam keadaan kerasukan. Uniknya seorang penari akan mengenakan mahkota yang terbuat dari bambu setinggi 18 meter!.