Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini syarat minimal bermain Pokemon Go di smartphone

Demam Pokemon Go melanda hampir semua negara di dunia termasuk juga di Indonesia. Game interaktif buatan Niantic ini memang membawa seakan membawa penggunanya ke dunia fantasy. Dengan berbekal perangkat canggih, anda sudah bisa memainkan game ini tanpa hambatan. Apa saja perangkat teknologi yang dibutuhkan untuk memainkan game Pokemon Go, berikut ulasannya. 

Pokemon adalah sebuah permainan popular yang mendulang kesuksesan dari berbagai media seperti animasi, iklan dan games. Pokemon yang berarti Pocket Monster mengajak pemainnya untuk mencari dan menyimpan monster-monster yang ditemukan untuk kemudian dilatih sebelum bertarung di sebuah arena. 




Meski mengasyikan tapi tidak semua perangkat dapat memainkan Pokemon Go, ada beberapa persyaratan system minimal yang diperlukan untuk memainkan, yaitu: 

System Operasi yang mendukung 

Pokemon Go dapat dimainkan dalam perangkat tablet atau smartphone dengan spesifikasi minimal: 

Sistim operasi Android 4.4 atau KitKat
Iphone 5 dengan iOS 8.2 


Jaringan internet yang cepat dan stabil

Pokemon GO mengandalkan GPS untuk menandai lokasi anda, agar server Pokemon Go dan perangkat GPS anda selalu terhubung, tentu saja harus menggunakan koneksi internet yang stabil.
Penandaan GPS akan memudahkan anda dalam mencari keberadaan monster-monster pokemon terdekat di Peta serta untuk mengunjungi lokasi PokeStop maupun tempat training terdekat.  


Perangkat Kamera dan Gyroscope 

Periksa perangkat smartphone anda apakah sudah terdukung dengan gyroscope atau belum, jika sudah mendukung maka anda sudah bisa memainkan game Pokemon Go dengan menggunakan kamera. Ketika smartphone bergetar menandakan terdeteksinya keberadaan monster pokemon, maka secara otomatis layar akan beralih pada kamera. Pada saat itu anda bisa melemparkan Poke Balls untuk menangkapnya. 

Namun bagi pemilik smartphone yang belum dilengkapi dengan Gyro, masih bisa mendapatkan monster pokemon tersebut tanpa menggunakan kamera yaitu dengan mematikan orientasi AR ketika smartphone mendeteksi keberadaan monster pokemon. 



Kelengkapan gyro dalam sebuah smartphone untuk saat ini memang cukup dibutuhkan. Selain untuk memainkan Pokemon GO, gyroscope juga bisa membuat perangkat smartphona anda dapat memainkan permainan Virtual Reality (VR) dengan menggunakan VR Cardboard

Powerbank

Tahukah anda, permainan Pokemon Go dapat dengan cepat menguras batre smartphone anda, karena permainan ini mengaktifkan jaringan, gps, games dan kamera sekaligus. Untuk kenyamanan permainan sebaiknya anda menyediakan sebuah powebank dengan kapasitas yang tinggi. 

Berbeda dengan jenis permainan lain yang umumnya dilakukan sambil bersantai di rumah, permainan ini akan mengajak anda berjalan-jalan mencari keberadaan monster-monster Pokemon ataupun mengunjungi Poke Stop untuk mendapatkan bonus-bonus menarik. Oleh karena itu, dianjurkan dalam memainkan permainan ini untuk selalu waspada dan berhati-hati karena sudah banyak pemain yang menjadi korban lantaran  terlalu asyik memandangi layar smartphone. 

Bagi anda yang belum memiliki game Pokemon GO, silakan mengunduhnya di link berikut ini: 

Download Pokemon GO Android OS 4.4 Kitkat

Selamat bermain