Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ditemukan bunga anggrek dengan wujud mirip iblis

Ada beragam jenis tanaman anggrek di dunia yang mempunyai bentuk bunga yang cukup unik dan menarik, beberapa jenisnya bisa anda simak kembali dalam tulisan sebelumnya di sini. Namun jenis anggrek yang satu ini ternyata memiliki bentuk yang cukup menyeramkan loh, penasaran? ... 

Bunga identik dengan wanita cantik, namun hal tersebut sepertinya tidak berlaku pada jenis tanaman yang baru ditemukan di bagian selatan Kolombia ini. 


Tanaman anggrek yang mirip sosok iblis



Tanaman anggrek yang memiliki nama Telipogon diabolicus itu terlihat cukup menyeramkan, dengan bagian tengah mahkota bunga yang mirip seperti sosok iblis yang sedang menyeringai.

Bunga unik yang berwarna merah keunguan itu ditemukan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marta kolanowska dan Dariusz Szlachetko dari Universitas Gdansk, ditemani Ramiro Media Trejo dari Kolombia. 


Bunga setinggi 5,5-9 sentimeter itu yang memiliki bentuk mirip tampang iblis itu terungkap setelah mereka meneliti sekitar 30 individu. 

Walau tampak menyeramkan, namun tanaman anggrek ini perlu mendapat perlindungan, terutama karena penyebarannya yang terbatas dengan populasi yang cukup minim. Badan konservasi dunia atau IUCN bahkan telah memasukan anggrek ini dalam kategori Terancam Punah. 

Bentuknya yang unik tersebut bukan tidak mungkin akan membuat banyak orang berburu mencari keberadaan tanaman anggrek iblis ini. Jika itu terjadi, maka manusia akan kehilangan salah satu anggrek yang paling menyeramkan di dunia. 

Hasil temuan yang dipublikasikan di jurnal Zookeys itu menyebutkan ada sekitar 3.600 spesies anggrek di seluruh Kolombia yang telah disusun dalam katalog terbaru.

Mereka sangat yakin bahwa masih banyak jenis tanaman anggrek lain yang belum bisa dideskripsikan. Sedangkan banyak habitat tanaman anggrek yang terus berkurang sehingga suatu spesies mempunyai potensi punah sebelum ditemukan. 

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Indonesia dikenal memiliki sekitar 30.000 jenis anggrek yang memilik keunikannya tersendiri, seperti anggrek Nusantara yang memiliki cula pada mahkotanya.