Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah tujuh serangga bertampang aneh dan unik

Serangga adalah jenis mahluk hidup yang paling banyak ditemukan di sekitar kita. Namun karena mempunyai tubuh berukuran imut, maka seringkali kita mengabaikan kehadirannya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tujuh serangga yang bisa membuat anda terkagum-kagum melihat penampilannya yang unik dan mempesona.  

1. Lalat lebah 




Sekilas penampilannya mirip lebah namun secara teknis serangga ini adalah lalat.  Lalat lebah yang bertubuh mungil ini berasal dari keluarga/family Bombyliidae. Meskipun dikenal dengan nama lalat, namun penampilan dan perilakunya sangat mirip lebah. Karena itu serangga ini kemudian dikenal dengan nama lalat lebah (Anastoechus nitidulus).
Lalat lebah tersebar di seluruh tempat di dunia dalam berbagai variasi, mungkin saja kita pernah melihatnya di satu waktu, namun menyangkanya sebagai lebah. Meski mirip lebah, namun lalat lebah tidak berbahaya. 


2. Ulat hello kity 



Serangga unik lainnya adalah seekor ulat yang mempunyai tampang mirip tokoh kartun Hello Kitty. Serangga ini merupakan ulat dari kupu-kupu jenis Bush Brown China (Myacalesis gotama). Tampanya yang mirip karakter animasi Jepang si kucing imut "Hello Kitty" itu pernah menghebohkan Jepang dan dunia beberapa waktu lalu. 

3. Serangga Elvis Presley 



Generasi sekarang mungkin tidak banyak yang kenal siapa Elvis Presley. Penyanyi eksentrik dengan gaya rambut jambulnya yang khas dan pakaian parlente ini merupakan penyanyi yang cukup terkenal di dunia. Tapi siapa sangka, kalau tampang si Elvis ini ternyata muncul dari punggung seekor serangga kecil. 

Adalah Darylne Murawski, seorang fotografer yang pertama kali mengambil gambar serangga unik ini. Serangga yang berbau ini kemudian dijuluki "Serangga Perisai Elvis Presley" lantaran kemiripannya dengan sang raja Rock N' Roll tersebut. 

Darylne yang berasal dari Massachussets, Amerika, secara kebetulan melihat serangga kecil Pentatomoidea yang dikenal sebagai serangga perisai raksasa di Cagar Aam Khao Chong, Thailand Selatan. Sebelumnya serangga ini juga ditemukan di hutan Singapura, namun media setempat justru menjulukinya sebagai Bert yaitu salah satu tokoh dalam serial animasi Sesame Street. 

4. Ulat bulu kucing 



Ulat ini bernama latin Megalopyge opercularis atau sering disebut juga dengan nama sebutan Puss Caterpillar karena bulu-bulu di tubuhnya yang sangat panjang mirip bulu kucing angora. Setelah dewasa dan berukuran sekitar satu inci, ulat bulu kucing akan terlihat mengembang dengan bulu-bulu panjangnya yang berwarna coklat keabu-abuan. 

Tapi jangan bernafsu untuk mengelusnya, karena meskipun tampak lembut namun bulu-bulunya itu memiliki racun.  

5. Ngengat kolibri 



Menyandang nama kolibri lantaran penampilan ngengat ini ketika terbang dan menghisap sari bunga sangat mirip dengan burung kolibri. Ngengat unik ini bernama latin Hemaris thysbe, bisa melayang dan memiliki belalai yang panjang menyerupai paruh burung kolibri. 

Ngengat kolibri umum ditemukan di daerah beriklim hangat seperti di Eropa Selatan, Afrika Utara, bahkan di Amerika Utara hingga Alaska yang dingin. Ngengat ini cukup aktif pada siang hari. Penampilannya yang mirip kolibri disebut-sebut sebagai contoh evolusi konvergen yaitu ketika spesies yang berbeda berevolusi untuk memilik sifat-sifat yang sama karena kondisi lingkungan mereka. 

6. Ulat kepala alien 



Ulat adalah jenis serangga yang paling rentan dimangsa oleh predator ketimbang setelah berubah menjadi kupu-kupu. Karena hal tersebut, banyak ulat mengembangkan berbagai cara untuk mempertahankan diri, termasuk tampil dengan tampang yang bisa menakutkan pemangsanya.  Ulat berwarna hijau yang ditemukan di Filipina ini mempunyai bagian kepala yang berukuran besar dengan mata menyala mirip alien. 

Ulat bernama ilmiah Daphnis nerii yang dalam Bahasa Inggris disebut Oleander hawk-moth, bisa ditemukan di Afrika dan sebagian Asia. Saat menjadi kupu-kupu, satwa ini bermigrasi terutama di musim panas, menuju Eropa bagian selatan dan timur hingga Turki.

7. Ulat berwujud ular 



 
Pose mengagumkan dari spesies serangga ketika melindungi dirinya dari predator datang dari seekor ulat yang berpenampilan sangat mirip dengan kepala ular. Deilephila elpenor, adalah ngengat raksasa dari keluarga Sphingidae. Spesies ini bisa ditemukan di Inggris dan Irlandia yang panjangnya mencapai 75 mm dengan warna tubuh hijau dan coklat.


Ketika merasa terancam, ulat ini akan menarik tubuh bagian depannya ke arah tengah tubuhnya sehingga akan membuat postur yang mirip seperti ular dengan kepalanya yang besar lengkap dengan bulatan hitam yang menyerupai mata besar. Pemangsa utamanya adalah burung, namun ketika melihat pose tersebut umumnya burung-burung akan segera menghindar.