Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali bahaya dibalik pesona batu akik

Kenali bahaya dibalik pesona batu akik - Batu akik menjadi salah satu fenomena menarik yang terjadi beberapa tahun terakhir ini. Pesona dan kilau dari beragam jenis batu mulia tersebut mampu membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya. Tak hanya orang dewasa saja, bahkan anak-anak kecil pun sudah tahu perbedaan antara beberapa jenis batu akik yang dikenal. Namun dibalik pesonanya tersebut, ada bahaya yang mengintai para batu mania. Apa sajakah itu?

bahaya batu akik




Mengancam kesehatan paru-paru 

Seberapapun besarnya minat kita terhadap batu akik, namun tetap harus memperhatikan kesehatan terutama pada waktu memotong maupun mengasah batu yang kita dapatkan. Butiran-butiran dan debu-debu halus bisa saja terisap oleh kita dan bisa mengancam kesehatan paru-paru.  

Karena itu, pada waktu kita hendak memotong maupun memoles/mengasah batu akik tersebut, gunakan masker untuk mencegah debu dan butiran halus masuk ke dalam tubuh kita.  

Ancaman bencana longsor 

Maraknya perburuan terhadap batu akik ternyata berimbas pada rusaknya lingkungan tempat dimana batu mulia tersebut ditemukan. Struktur tanah akan menjadi lemah dan berpotensi menyebabkan longsor. Karena itu, ketegasan pemerintah dalam hal ini sangat diperlukan, misalnya dengan membatasi perburuan terhadap batu mulia terutama di kawasan-kawasan dilindungi atau di lokasi yang rawan bencana, menyediakan tenaga-tenaga ahli untuk mendampingi para penambang, serta memberi sangsi tegas bagi penambang batu liar yang nyata-nyata merusak lingkungan. 

Munculnya penyakit pamer dan sombong 

Harga batu akik yang cukup tinggi ternyata membuat sebagian orang bersaing untuk memamerkan kekayaan dengan menunjukkan koleksi bebatuan mahal yang dikenakannya. Bahkan tak jarang mereka yang mempunyai batu berharga tinggi akan merendahkan pemilik batuan yang harganya murah. Suka pamer dan menyombongkan kekayaan bisa memicu kecemburuan sosial.

Ancaman sirik dan musyrik 

Tidak sedikit penggemar batu akik yang yakin dan percaya ada beberapa jenis bebatuan yang memiliki khasiat dan bisa mendatangkan keberuntunan bagi yang mengenakannya.  


Walaupun sebagian besar batu-batuan memilki kandungan energi tersendiri namun banyak orang yang lebih percaya kekuatan magis yang terdapat dalam batu-batuan tersebut. Hal inilah yang membuat banyak pemuka agama merasa khawatir, karena orang-orang tersebut bisa terjerumus pada kemusyrikan. 


Itulah beberapa bahaya yang mengintai di balik pesona batu akik yang mulai naik daun beberapa tahun terakhir ini. 

Semoga bermanfaat