Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah tujuh hewan dengan mulut yang aneh dan mengerikan

Kita mengenal berbagai jenis satwa liar dengan sifat-sifat uniknya, tapi apakah anda tahu bahwa dibalik keunikan yang dimiliki oleh beberapa jenis satwa liar ternyata menyimpan sesuatu yang cukup mengerikan. Berikut tujuh hewan yang memiliki mulut aneh dan mengerikan.



1. IKAN HAGFISH 

Ikan hagfish cukup terkenal dengan cara makannya yang sangat menjijikan. Bilamana mereka menemukan bangkai yang teronggok di dasar laut, maka ikan ini akan mencari lubang yang terdapat pada bangkai tersebut, dan dari lubang itulah ikan ini akan memakan bangkai tersebut dari dalam. Namun ternyata ikan hagfish tidak hanya memakan makanan melalui mulutnya saja, karena . . . 

 
Ikan hagfish ini ternyata memakan bangkai dengan menggunakan kulit-kulit dan insangnya. Hal tersebut dilakukan karena ikan ini tidak memiliki gigi, dan yang dimilikinya adalah organ pengunyah yang mrip dengan parutan yang terbuat dari keratin. Organ ini berfungsi menghaluskan makanan.


Selain itu ikan ini pun memiliki taring yang berbentuk seperti kait yang berfungsi menarik makanan masuk kedalam mulutnya. 


2. PENYU BELIMBING

Penyu belimbing mungkin tampak seperti penyu lainnya ketika masih muda, namun setelah dewasa barulah kita sadar bahwa ada sesuatu yang cukup mengerikan yang bisa terlihat dari bagian mulutnya. 


Penyu belimbing memiliki duri-duri yang tajam yang terdapat pada bagian mulut hingga kerongkongannya, bahkan duri-duri ini bisa mencapai usus. Manfaat dari duri-duri yang disebut "Papillae" itu adalah untuk membantu penyu belimbing ketika menelan ubur-ubur yang merupakan sumber makanan bagi mereka. 


3. IKAN VAMPIR (PAYARA)

Ikan payara (Hydrolycus scomberoides) atau dikenal dengan sebutan "Dog tooth characin" atau biasa disebut sebagai ikan vampir dari Amazon.  Disebut ikan vampir lantaran ikan ini memiliki gigi-gigi taring yang panjang yang menonjol keluar dari rahang bagian bawah. 


Ukuran panjang gigi taring itu pun bisa mencapai 4 - 6 inchi, sedangkan ukuran tubuh ikan payara dewasa bisa mencapai 117 cm dengan bobot mencapai 17,8 kilogram. Gigi taring ini cukup besar, namun jangan bayangkan ikan ini tidak bisa menutup mulutnya, karena pada rahang bagian atas terdapat lubang-lubang yang memungkinkan mereka menutup mulutnya dengan rapat.


4. IKAN HIU PEMOTONG
 

Ikan hiu pemotong (Isistius brasiliensis) adalah sejenis ikan hiu kecil yang jarang terlihat. Ikan hiu ini tersebar di seluruh dunia, terutama di perairan-perairan dalam dan dalam kedalaman mencapai 1000 meter. Ikan hiu ini dianggap sebagai ikan parasit lantaran makanan mereka adalah daging dan lemak dari ikan lain yang masih hidup. 

 
Cara makannya pun cukup membuat kita merinding, karena dengan gigi-gigi yang tajam itu, ikan ini kemudian akan menggigit bagian tubuh dari mangsanya lalu dengan putaran tubuh daging tersebut kemudian akan terlepas dari tubuh mangsanya sesuai dengan cetakan giginya, karena itu pula ikan ini dikenal sebagai ikan hiu pemotong kue.


Mangsanya cukup bervariasi dan tergantung yang ditemukannya.  Tercatat beberapa ikan seperti ikan hiu jenis lain, ikan-ikan besar, ikan paus, lumba-lumba, cumi-cumi, gurita, kerang, dan bahkan manusia.


5. PINGUIN 

Pinguin adalah burung kutub yang memiliki penampilan yang menggemaskan, apalagi dengan gaya berjalannya yang cukup lucu. Pinguin adalah hewan akuatik jenis burung dari keluarga Spheniscidae. Pinguin cukup umum ditemukan di belahan bumi selatan.  Ada sekitar 16 spesies penguin dari seluruh dunia. Burung yang tampak cantik ini ternyata memiliki sesuatu yang mengerikan, apakah itu ? 


Makanannya yang utama adalah ikan, udang dan binatang lunak lainnya dari lautan. Pada tubuh ikan kecil itu biasanya terdapat sisik dan semacam lendir yang sangat licin sehingga ikan tersebut sulit ditangkap. Tetapi dengan adanya “paku-paku” khusus pada lidahnya, penguin dapat menusuk badan ikan sehingga tak mungkin meleset dan terlepas.


6. BURUNG PELATUK 

Burung yang memiliki nama sesuai dari kebiasaannya yang suka mematuki batang-batang pohon ini memiliki lidah yang cukup unik. Lidah burung pelatuk memiliki ukuran yang lebih panjang dari paruhnya. 


Pada bagian ujung lidahnya itu terdapat sebaris kait yang tumbuh terbalik. Kait inilah yang akan menarik serangga atau kumbang yang bersembunyi dilubang-lubang pohon atau dibalik kulit-kulit pohon. Selain itu, lidahnya yang tipis ternyata bisa mendeteksi keberadaan sarang semut. 


Lidahnya pun sangat lengket sehingga bisa mengangkat keluar semut yang hidup dalam sarangnya. Lidahnya itu memang istimewa karena memiliki fungsi mencegah mereka terluka akibat asam yang terkandung dari tubuh semut. Jika diperhatikan lidah burung pelatuk mirip seperti senjata tombak. 


7. IKAN PACU 

Bagi anda kaum pria mungkin akan berpikir dua kali untuk berenang di sungai-sungai yang berada di hutan setelah membaca tulisan ini. Ikan pacu dikenal sebagai ikan yang memiliki gigi-gigi yang besar dan mirip gigi manusia. Gigi ikan pacu terdiri dari beberapa baris yang cukup kuat menghancurkan biji-bijian seperti biji kenari atau kacang-kacangan. 

 

Ikan pacu menjadi terkenal setelah ikan ini diketahui menggigit testikel atau "telor kemaluan" para lelaki yang berenang di lepas pantai selatan Swedia. Bisa anda bayangkan bagaimana rasanya!, kacang-kacangan saja remuk apalagi itu . . 


 Ikan pacu banyak ditemukan di sepanjang sungai Amazon dan sering menggigit testikel para penduduk setempat yang sedang berburu ikan atau berenang di tempat tersebut. Gigitan ikan itu sebenarnya bukan tanpa alasan, karena ketika melihat bola-bola pria yang menggantung di permukaan air, ikan itu menganggapnya sebagai buah-buahan atau biji-bijian yang mengapung di permukaan air sehingga dengan spontan mereka langsung mencaploknya.