Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah sosok hantu gentayangan yang terkenal di beberapa negara


Hidup manusia dilalui dengan beberapa tahapan perjalanan yang dimulai dari kelahiran hingga meninggal dunia. Dalam tahapan yang terakhir itulah kerap dikait-kaitkan dengan sesuatu yang menjadi misteri.

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa orang yang meninggal dengan tidak sempurna atau tidak wajar maka arwahnya akan menjadi tidak tenang dan akan menjadi sosok hantu yang gentayangan.

 Tapi tahukah anda, mitos seperti ini tidak hanya berlaku di Indonesia saja, bahkan beberapa negara pun memiliki mitos serupa. Apa sajakah itu?




1. Sundel Bolong dari Indonesia dan Malaysia


Sundel bolong merupakan satu dari beragam cerita mistis yang selama ini beredar di Indonesia eperti Si Manis Jembatan Ancol, Hantu jeruk purut, dan lain sebagainya. Konon katanya, Sundel Bolong adalah penjelmaan roh dari seorang perempuan cantik yang meninggal dalam waktu hamil dan melahirkan dalam kuburannya. Ada juga yang mengatakan bahwa perempuan tersebut meninggal ketika sedang melahirkan bayinya, sedangkan versi lain menyebutkan bahwa si perempuan tersebut adalah pelacur yang hamil lalu meninggal dengan punggung yang berlubang karena kutukan.

Sundel Bolong digambarkan sebagai perempuan cantik denan rambut panjangnya yang menutupi sebagian punggung yang bolong (tembus). Ketika melihat bagian yang bolong tersebut akan tampak organ tubuh bagian perutnya. Sundel Bolong kerap disamakan dengan sosok Kuntilanak lantaran sama-sama memiliki rambut panjang bergaun putih, namun yang membedakan adalah bagian punggungnya yang bolong atau berlubang.

Dalam beberapa kisah, kemunculan Sundel Bolong adalah untuk mencari lelaki yang telah menghamili dan membunuhnya. Disebutkan pula bahwa mahluk ini kerap memangsa para lelaki hidung belang.

 2. Phi Tai Hong diThailand



Masyarakat Thailand mempercayai bahwa orang yang mati karena terbunuh atau dimakamkan tanpa upacara yang benar, maka akan berubah menjadi sosok hantu yang dikenal sebagai Phi Tai Hong.

Versi lain menyebutkan bahwa sosok ini digambarkan sebagai sosok perempuan hamil yang memiliki kekuatan yang bersumber dari janin yang ada dalam kandungannya. Sosok ini dipercaya menghuni lokasi-lokasi tempat terjadinya kekerasan, lokasi bekas serangan teroris atau tempat terjadinya bencana alam.

Hantu-hantu ini dikabarkan akan datang untuk membunuh manusia yang mereka anggap beruntung untuk hidup bersama mereka.  Pada abad ke-14 di Thailand, jika ada orang yang meninggal terutama yang masih berusia anak-anak, maka para anggota keluarga yang memuja Phi Tai Hong akan membiarkan jenazah tersebut begitu saja dan membiarkan Phi Tai Hong menyiksa tubuh dari anggota keluarga yang meninggal itu.

3. Carl Pruit di Amerika Serikat


Juni 1938, seorang pria bernama Carl Pruitt memergoki istri tercintanya tengah berselingkuh. Merasa dikhianati, ia segera mengambil rantai besi dan mencekik istrinya dengan rantai besi tersebut hingga tewas.

Karena terlalu merasa bersalah dengan kematian istrinya itu, Carl akhirnya bunuh diri dan dimakamkan tak jauh dari makam istrinya. Tak berapa lama setelah dimakamkan, banyak orang yang melintasi makam tersebut dan melihat rantai yang melilit nisan dari makam Carl, maka korban-korban pun berjatuhan.

Korban pertama adalah seorang anak lelaki yang melintasi makam tersebut seorang diri dengan menggunakan sepeda. Bocah itu kehilangan kendali dari sepeda yang dikendarainya, lalu jatuh dan meninggal dengan posisi tercekik rantai sepeda.

Kejadian berikutnya menimpa seorang ibu yang risih dengan cerita mengenai hantu Carl ini, ia pun berusaha menghancurkan nisan makam Carl dan akibatnya ketika sedang menjemur pakaian pada esok harinya, ia tewas dengan kondisi tercekik tali jemuran.


4. Onryo di Jepang


Di negara matahari terbit(Jepang) juga mengenal Onryo sebagai hantu legenda mereka. Dipercaya Onryo adalah hantu jahat yang yang datang untuk membalas dendam pada orang-orang yang jahat di bumi. Onryo acapkali menyerang hingga membunuh korbannya.

Hantu ini merasuki tubuh seseorang dan membiarkan orang yang dirasuki olehnya membunuh korban yang ia inginkan. Disebutkan bahwa, sewaktu hidupnya, ia juga adalah orang yang teramat jahat.

5. The Green Lady dari Inggris dan Scotlandia


Hantu Green Lady popular di masyarakat Eropa terutama di Inggris dan Skotlandia. Sosok Green Lady digambatkan dalam wujud wanita muda dengan rambut yang panjang keemasan yang mengenakan gaun hijau panjang yang mencapai tanah. Hantu dikisahkan merupakan sosok hantu yang ramah yang jika disambut akan menjadi pelindung rumah mereka.

Selama bertahun-tahun banyak petani di Skotlandia yang mengaku telah dilindungi oleh Green Lady, mereka mengatakan bahwa Green Lady lah yang melindungi ternak mereka dengan menggiringnya ke dalam kandangnya ketika akan terjadi badai besar. Bahkan mereka juga menyebutkan sosok Green Lady melindungi ternak-ternak mereka dari para pencuri.

Dalam cerita lain yang berlawanan dari Green Lady yang ramah ini adalah Green Lady yang bersifat jahat. Green Lady yang satu ini dikabarkan merupakan perwujudan Green Lady yang jahat, yang digambarkan dengan tubuh bagian bawahnya yang menyerupai tubuh kambing.

Sosok Green Lady dipercaya banyak orang adalah sebagai seorang anak bangsawan yang dibunuh oleh salah satu pelayannya dengan memasukkan tubuhnya dalam cerobong asap. Arwah wanita ini kerap muncul dalam dua versi, bentuk ramah dan jahat yang akan mengganggu orang-orang dan akan terus mencari pembunuhnya. 


6. La Sayona dari Venezuela



Kisah lain datang dari Venezuela. Di sana beredar legenda mengenai La Sayona. Dikisahkan La Sayona adalah seorang perempuan cantik yang memiliki nama asli Melissa. Melissa adalah seorang ibu rumah tangga yang sangat mencintai keluarganya

Pada suatu hari, ketika Melissa sedang mandi di sebuah sungai yang berada dekat rumahnya, seorang lelaki misterius menghampirinya. Lelaki itu mengatakan bahwa suami Melissa sedang "tidur" dengan ibunya. Mendengar perkataan lelaki tersebut, Melissa segera pulang dan melihat sang suami yang tengah tertidur bersama anak mereka. Lantaran terbakar emosi Melissa membakar rumahnya, setelah itu ia mengunjungi ibunya dan menikam sang ibu hingga tewas.

Sebelum meninggal, sang ibu sempat mengutuk anaknya jika meninggal akan menjadi arwah gentayangan yang turun ke bumi untuk membunuhi para suami yang selingkuh. Dalam cerita masyarakat Venezuela, Melissa kerap menyamar sebagai menjadi istri dari suami yang sedang berselingkuh lalu kemudian membunuhnya.

Itulah beberapa kisah dan legenda hantu-hantu gentayangan yang ada di beberapa negara. Kisah tersebut rata-rata muncul dari cerita turun temurun yang hingga kebenaran ceritanya masih menjadi misteri.