Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Bung Karno di Museum Madame Tussauds Hongkong

Bung Karno adalah tokoh besar yang pernah mendunia yang kiprahnya banyak dikagumi tak hanya di Asia saja tetapi juga di seluruh dunia. Untuk menghormati jasa-jasa dan figur beliau, hari ini (5/6) sosok Bung Karno hadir di Museum Madame Tussauds Hongkong, bergabung dengan tokoh-tokoh terkenal lainnya. 

Patung lilin Bung Karno di Madame Tussauds Hong Kong
Tokoh besar Indonesia ini merupakan orang Indonesia dan juga presiden pertama yang dibuat patung lilinnya di Museum Madame Tussauds yang tersebar di beberapa negara termasuk juga di Bangkok dan Hongkong. Patung lilin Bung Karno yang ada dalam sesi Sejarah dan Pahlawan Nasional di museum ini tampak gagah dengan mengenakan seragam militer putih kebesarannya lengkap dengan bintang jasa dan pita penghargaan yang disematkan di dadanya.

Patung lilin Bung Karno yang dipamerkan di Madame Tussaud Bangkok
Tidak lupa juga peci hitam yang kerap dikenakannya. Wajah Bung Karno dipahat dengan senyum yang sumringah, sesuai dengan senyum aslinya ketika ia menyapa dengan ramah warga Hong Kong pada masa lalu. 

"Adalah kehormatan yang sangat besar untuk menjadi tuan rumah bagi patung baru Presiden Soekarno, yang telah berikan pengaruh besar bagi perkembangan Indonesia dan Asia secara keseluruhan," jelas Kelly Mak, Manajer Umum di Madame Tussauds Hong Kong.

Untuk membuat patung seorang tokoh besar seperti Bung Karno pun tidak bisa dibuat begitu saja. Para seniman pembuatnya terlebih dahulu harus melakukan serangkaian riset, termasuk mengumpulkan informasi dari keluarga Bung Karno dan menonton hingga berjam-jam berbagai klip atau cuplikan film-film lama yang memuat sosoknya, agar hasilnya sesuai dengan karakter dan sosok Bung Karn yang ramah, tegas dan penuh kharisma.