Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

OMG, mahluk ini punya bentuk mirip kaos kaki !

Xenoturbella




Mahluk unik ini ditemukan para ilmuwan pertama kalinya pada tahun 1950 lalu, namun hingga saat ini mereka masih "tidak berdaya" mengidentifikasi dengan lebih rinci, apa sebenarnya mahluk yang berwarna ungu berbentuk kaus kaki tersebut. 

Mahluk ini hidup nun jauh di pedalaman samudera, dan sempat muncul dugaan pula kalau hewan unik ini dianggap sebagai bentuk awal kehidupan yang keberadaannya bisa membantu para ilmuwan memecahkan misteri bagaimana mereka berevolusi dari masa ke masa. 


Jika dilihat kasat mata, hewan yang memiliki nama Xenoturbella ini tidak memiliki bentuk seperti ikan pada umumnya, bagian tubuhnya hanya terdapat satu lubang mulut tempat memasukkan makanan dan mengeluarkan kotorannya. Tidak tampak adanya otak, insang, mata bahkan organ reproduksi. 


Xenoturbella


Beberapa waktu lalu, peneliti menemukan kembali keberadaan empat spesies baru Xenoturbella di pedalaman Samudera Pasifik. Kabar ini tentu sangat menggembirakan sekaligus bisa meyakinkan para ilmuwan bahwa hewan yang diyakini sebagai cacing pipih ini memang termasuk salah satu mahluk yang hidup di awal-awal kehidupan. Penelitian ilmiah mengenai hal tersebut telah dipublikasikan dalam Jurnal Nature volume 530, tertanggal 4 Februari 2016.


Peneliti utama, Professor Greg Rouse dari Scripps Institution of Oceanography di Universitas California, Amerika Serikat mengatakan bahwa mahluk ini mendapat julukan baru yaitu si kaus kaki ungu.


"Bentuknya mirip kaus kaki ungu yang dilemparkan ke lantai, atau mirip balon kempes." kata Rouse pada BBC.