Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hewan ini memiliki racun tapi dapat menyelamatkan nyawa anda

Hewan yang berbisa cenderung memiliki imej yang buruk, wajar saja karena bisa atau racun yang dimilikinya dapat membunuh manusia dalam hitungan menit bahkan detik. Tapi tahukah anda bahwa bisa-bisa dari hewan-hewan tersebut ternyata dapat menjadi sesuatu yang akan menyelamatkan hidup anda, terutama kelima hewan berbisa berikut ini. 

5 Hewan ini memiliki racun tapi dapat menyelamatkan nyawa anda





1. Siput

 

Tidak disangka-sangka, siput ternyata termasuk dalam kategori hewan berbisa. Tapi tidak semua jenis siput memiliki bisa, hanya jenis siput kerucut yang ditemukan di sekitar terumbu karang di wilayah Indo-Pasifik saja yang benar-benar memiliki racun yang bisa mematikan. 


Manusia yang tersengat  oleh salah satu siput berukuran mungil ini, hanya bisa bertahan hidup dalam hitungan menit saja. Walaupun ukuran tubuhnya hanya berukuran 4-6 inci, tapi mempunyai racun yang ratusan kali lebih kuat dari morfin. Sampai saat ini, para ilmuwan masih mencari tahu cara terbaik bagaimana menjadikan racun siput kerucut itu menjadi sangat bermanfaat.

2. Ular


 
Sebagian besar jenis-jenis ular di dunia memilik bisa atau racun yang cukup mematikan, atau setidaknya mampu membuat kita sangat kesakitan selama beberapa hari. Penggunaan bisa ulat sudah dilakukan sejak ribuan tahun lalu, ketika Budaya di India dan Cina memanfaatkan racun ular kobra untuk mengobati berbagai penyakit dan meningkatkan stamina.


[ Mengenal beberapa jenis ular di Indonesia ]



Pada tahun 1960, seorang dokter di Malaya yang bernama Hugh Alistaris Reid membuat terobosan dengan memanfaatkan bisa ular menjadi obat yang bisa membantu pembekuan darah, keberhasilan ini menginspirasi banyak penemuan atas manfaat racun ular seperti mengobati serangan jantung, kelainan darah, tekanan darah tinggi, cedera otak dan masih banyak lagi.

3. Kalajengking 


 

Para peneliti masih terus mempelajari bagaimana racun dari beberapa hewan berbeda bisa membantu mengobati dan menyembuhkan kanker. Salah satu jenis racun yang digunakan adalah racun kalajengking. Racun ini diyakini bisa membantu mengecilkan dan memperlambat pertumbuhan tumor. Para peneliti juga telah menguji efek racun kalajengking in pada sel-sel kanker.

4. Laba-laba 


 
Sudah lama dipercaya kalau racun laba-laba berguna untuk melawan rasa sakit, kanker, distrofi otot dan berbagai jenis penyakit lainnya. Laba-laba black widow, dan laba-laba pertapa coklat, laba-laba parson dan laba-laba kantung memiiki racun yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan tersebut. 





5. Lebah

Banyak orang tidak sadar bahwa sengatan lebah adalah salah satu bentuk racun yang dikeluarkan oleh serangga tersebut. Tidak ada mahluk hidup yang suka disengat oleh lebah, tapi fakta terbaru menunjukkan bahwa sengatan lebah bisa membuat manusia tersebut menjadi kebal terhadap sengatan berikutnya. Namun hal ini tidak berlaku bagi mereka yang alergi terhadap sengatan lebah, karena sengatannya tersebut bisa jadi sesuatu yang mematikan. 




Terapi sengatan lebah cukup popular dan banyak dilakukan terutama untuk mengobati penyakit seperti radang sendi, penyakit lyme, eksim, asma, tumor dan masih banyak lagi.

Itulah lima hewan berbisa yang dapat membantu menyelamatkan nyawa manusia. So, mulai sekarang marilah kita hargai keberadaan mereka di alam.


Salam