Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lima bahan alami yang bisa mencegah gigitan nyamuk

Meningkatnya kasus penularan virus Zika dan Demam Berdarah Dengue beberapa hari belakangan ini cukup membuat khawatir. 

Cara aman yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus tersebut adalah melindungi diri dan keluarga dari gigitan nyamuk.  


Selama ini, pemanfaatan lotion anti nyamuk lebih mudah dan banyak digunakan karena tidak menimbulkan bau dan asap sebagaimana penggunaan obat nyamuk bakar atau semprot.



Selain itu lotion anti nyamuk mengandung bahan aktif, seperti DEET dan picaridin sehingga dianggap aman digunakan bagi anak-anak, ibu hamil maupun yang menyusui. 


bahan alami penolak nyamuk

Walau begitu, penggunaan yang terlalu sering tentu bisa menjadi sesuatu yang merugikan terutama untuk ibu hamil. Meskipun penelitian selama ini belum menemukan keterkaitan antara bahan tersebut dengan cacat kelahiran, namun perlu juga mempertimbangkan untuk berhati-hati dalam menggunakanya. 


Adapun cara alami yang aman dalam menolak gigitan nyamuk adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal, seperti disebutkan dalam empat jenis bahan alami untuk mengusir nyamuk.


1. Minyak sereh atau Citronella essential oil
Minyak ini merupakan ekstrak dari tanaman sereh, sejenis tanama rumput yang tumbuh di beberapa negara di Asia dan Pasifik Selatan. Minyak ini bisa bekerja efektif jika dioleskan dengan jumlah yang cukup. 


2. Minyak kedelai atau Soybean oil
Minyak kedelai efektif menguris serangga termasuk nyamuk, namun penggunaan minyak ini harus lebih sering dilakukan agar pemanfaatannya bisa lebih efektif yaitu sekitar satu jam sekali.

3. Minyak lemon eucalyptus
Minyak lemon eucalyptus adalah minyak nabati yang berasal dari daun pohon citriodora eucalyptus yang mengandung bahan kimia alami sebagai penolak nyamuk. Minyak ini cukup tahan lama sehingga bisa menjadi alternatif yang baik dalam mencegah gigitan nyamuk.


4. Minyak Lavender
Minyak lavender telah digunaka seama berabad-abad sebagai pengusir serangga, khususnya nyamuk. Selain itu, minyak ini bisa digunakan untuk melindungi pakaian dari ngengat atau gangguan serangga lainnya. Namun kandungan minyaknya yang tajam membuat banyak orang lebih senang mencampurkannya dengan minyak lain agar tidak mengiritasi kulit. 


5. Minyak rosemary
Minyak ini terbuat dari ekstrak daun rosemary dan cukup efektif dalam menolak serangga. Namun karena harganya yang lebih mahal dari bahan lainnya membuat banyak orang beralih untuk menggunakan minyak kulit kayu cedar atau cedar bark oil yang terbuat dari dedaunan, kayu, akar pinus dan cemara. 

Itulah empat macam bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah gigitan nyamuk. 


Semoga bermanfaat