Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melacak smartphone atau tablet android yang hilang

Selama ini Iphone dianggap sebagai smartphone canggih yang bisa melacak sekaligus mengunci telepon ketika hilang atau dicuri padahal kalau kita mau ngutak-ngatik, smartphone berbasis android pun memiliki fitur yang sama. Pada kali ini inilahduniakita.net akan memberikan panduan bagi anda bagaimana membuka fitur pelacakan dan kunci otomatis untuk antisipasi smartphone atau tablet berbasis android anda hilang atau dicuri. 




Fitur pelacakan dan kunci atau reset dari jarak jauh dilakukan setelah sebelumnya anda melakukan beberapa pengaturan pada smartphone atau table Android yang berada pada menu Google Setting yaitu Android Device Manager. Setelah setting selesai, kita bisa mengakses perangkat kita dari jark jauh melalui browser internet dari PC atau laptop untuk mengetahui lokasi, mengunci atau menghapus/reset perangkat dengan masuk ke laman:
 
https://www.google.com/android/devicemanager

Gunakan account Google anda untuk dapat mengaktifkan dan menggunakan fitur Android Device Manager ini, apabila anda telah mengaktifkan account Gmail atau Sign-in ke Google Play maka anda sudah dapat mulai mengeset smartphone atau tab untuk keperluan apabila suatu saat lupa menyimpan atau Android anda ada yang mencuri.


Aktifkan Location Access

Aktifkan Location Access untuk mengatur ulang GPS dan setting Access to My Location. Fitur pelacakan milik Android ini berguna untuk mengetahui lokasi perangkat smartphone atau tablet ketika perangkat tersebut sedang online, hal ini sangat bermanfaat ketika smartphone anda hilang dicuri.

Cara mengaktifkan GPS pada smartphone atau tablet android adalah sebagai berikut:

1. Buka setting atau pengaturan lalu pilih Network Conection



2. Pilih Location Access kemudian beri tanda Ceklist pada Access to my location, jalankan GPS Satellite, beri ceklist pada Wifi & mobile network location.


3. Buka Setting lalu pilih location, beri tanda centang pada Access Locations setelah itu Android Device Manager


 
 5. Selanjutnya adalah memberikan tanda centang para Remotely Locate This Device dan  pilih Allow Remote Lock and Erasa, yang artinya anda memberi izin pada perangkat ini untuk bisa dikunci atau direset dari jarak jauh. 



 Pengaturan dan pemberian akses sudah selesai.  Kita bisa menguji cobanya pada browser di perangkat komputer atau laptop anda dengan membuka halaman  https://www.google.com/android/devicemanager.
Masukkan Username dan password Google anda, sesuai dengan yang dipakai pada smartphone yang anda gunakan. 


Perangkat pun akan muncul beserta lokasi, selain itu akan ada tiga opsi yaitu : 

Ring : membunyikan perangkat terus menerus 
Lock : Mengunci perangkat
Erase: Mereset atau menghapus data-data penting anda.




Sumber:
kaskus.co.id
tipstrick.com
google.com