Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat perangkap tikus sederhana

Perangkap ini sebenarnya sudah lama diterapkan untuk membasmi hama tikus di lumbung atau di gudang-gudang makanan, namun apa salahnya kalau kita ulas lagi disini. 
Perangkap tikus yang akan kita buat ini adalah perangkap tikus yang menggunakan sistem meniup tikus, yaitu membuat tikus menghampiri makanannya dan kemudian mereka akan terjerembab kedalam air yang sudah disediakan. 

Berikut mekanisme kerja dari perangkap tikus ini:
Mekanisme kerja perangkap tikus

Cara kerja dari perangkap tikus yang akan kita bikin adalah sebagai berikut :
  • Tikus akan merayap naik lewat kayu karena mencium bau makanan. 
  • Tikus masuk lubang ke dalam ember yang sudah di gantung kaleng yang diolesi selai kacang.
  • Kaleng tersebut kedua ujungnya dihubungkan ke ember dengan seutas kawat besi. 
  • Saat tikus naik ke atas kaleng, kaleng akan berputar yang membuat tikus diatasnya akan terjatuh kedalam air yang ada didalam ember tersebut.
Bahan dan peralatan yang kudu disiapkan dalam membuat perangkap ini adalah:
  • Ember besar / Kaleng cat bekas ukuran 5 galon
  • Kawat besi
  • Balok kayu kecil
  • Kaleng bekas
  • Selai kacang, selai rasa yg lain juga boleh
  • Air

CARA PEMBUATAN

Siapkan satu buah ember ukuran besar dan buat lubang dengan diameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember.
Ember yang dilubangi
Siapkan kawat logam berukuran kecil (diameter kira 0,5 cm) yang nantinya akan dimasukkan ke dalam lubang atau bisa juga menggunakan gantungan baju yg terbuat dari kawat.

Buat lubang satu lagi lagi (lubang kedua) di bawah lubang yg pertama, diameternya sedikit lebih besar dari diameter kawat. Posisinya kira-kira 2-3 cm di bawah lubang pertama.
Kemudian di sisi lain ember, bikin lagi satu lubang (lubang ketiga) dengan diameter dan ketinggian sama dg lubang kedua. Jadi antara lubang kedua dan ketiga nanti akan saling berhadapan.
Jumlah total lubang adalah 1 lubang besar dan 1 lubang kecil di satu sisi ember, dan 1 lubang kecil pada sisi lain yg berseberangan.

Buat lubang di sisi lainnya
Siapkan kaleng soda atau kaleng susu, kaleng cat ataupun kaleng lainnya dan buatlah lubang tepat di tengah dari bagian atas dan bawah kaleng tersebut. Ukuran lubang pada kaleng sama dengan ukuran lubang kecil yang sudah dibuat pada ember (lubang ke-2 dan ke-3 pada ember).

Siapkan balok kayu yang akan digunakan sebagai jalan masuknya tikus ke dalam ember. bisa menggunakan jenis kayu apa saja. lalu buatlah menjadi 2 bagian.
dimana bagian pertama akan befungsi sebagai jalan naik ke lubang, dan bagian kedua sebagai jalan masuk ke dalam lubang. 
Bagian pertama panjangnya kira-kira 25 cm, dan bagian kedua panjangnya kira-kira 15 cm, tergantung ukuran ember. 

papan untuk jalan masuk tikus
Hubungkan 2 bagian kayu tadi membentuk siku-siku  seperti terlihat pada gambar di bawah. Menggunakan lem atau paku juga boleh, yangg penting dipasang dg benar agar cukup kuat menyangga pada ember.

buat siku pada kayu
Masukkan kawat besi pada lubang kecil (lubang ke-2) yang tadi pada bagian dari ember yang dilubangi, lalu hubungkan dengan lubang di kaleng dan akan tembus pada lubang ke-3 pada ember.  untuk meyakinkan coba putar kaleng tersebut dan pastikan kalengnya bisa berputar dengan lancar.
Yang penting posisi kawat adalah sejajar sehingga kaleng bisa berputar dengan sempurna.
Kaleng yang berputar di tengah ember

Siapkan selai, olesi sedikit saja selai pada bagian atas kayu (kayu yg dekat lubang) sebag ai pancingan.

Oleskan lagi selai, kali ini pada bagian sisi kaleng yg jauh dari kayu. Oleskan merata agar tidak mengganggu keseimbangan kaleng. Jangan terlalu tebal olesannya supaya kaleng bisa berputar dengan lancar.

Selai yang dioleskan pada ujung dari kaleng
Langkah terakhir, isi ember dengan air dengan setinggi 10-11 cm tergantung ukuran ember. harap diperhatikan juga agar ketinggian air tidak sampai menyentuh kaleng.
Nah, setelah perangkap tersebut sudah dibuat, perangkap ini bisa langsung diletakkan di tempat yg  banyak tikusnya, misalnya di dapur rumah atau di gudang.
Tikus yang terjebak

Selamat mencoba :)