Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Foto erupsi gunung berapi dilihat dari angkasa


Volcano atau Gunung berapi adalah suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus.

Gunung berapi terdapat di seluruh dunia, tetapi lokasi gunung berapi yang paling dikenali adalah gunung berapi yang berada di sepanjang busur Cincin Api Pasifik (Pacific Ring of Fire). Busur Cincin Api Pasifik merupakan garis bergeseknya antara dua lempengan tektonik. Terdapat sekitar 1.500 gunung berapi aktif di seluruh dunia dan sebagian besar berada di cincin api pasifik. Dari keseluruhan, sekitar 50 gunung berapi meletus setiap tahunnya.

Gunung berapi terdapat dalam beberapa bentuk sepanjang masa hidupnya. Gunung berapi yang aktif mungkin berubah menjadi separuh aktif, istirahat, sebelum akhirnya menjadi tidak aktif atau mati. Bagaimanapun gunung berapi mampu istirahat dalam waktu 610 tahun sebelum berubah menjadi aktif kembali. Oleh itu, sulit untuk menentukan keadaan sebenarnya dari suatu gunung berapi itu, apakah gunung berapi itu berada dalam keadaan istirahat atau telah mati.

Pada foto-foto berikut kamu dapat melihat peristiwa erupsi gunung berapi dari luar angkasa. Foto-foto ini diambil dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Pandangan dari luar angkasa mampu memberikan perspektif yang menarik dari salah satu peristiwa alam yang menakjubkan.


1. Pavlof Volcano, Alaska





2. Pavlof Volcano, Alaska





3. Sangeang Api Volcano, Indonesia



Photograph by NASA


4. Chaiten Volcano, Chile


Photograph by NASA


5. Eyjafjallajokull Volcano, Iceland





6. Eyjafjallajokull Volcano, Iceland





7. Kliuchevskoi Volcano, Russia



Photograph by NASA


8. Kliuchevskoi Volcano, Russia



Photograph by NASA


9. Manam Volcano, Papua New Guinea



Photograph by NASA/Jesse Allen


10. Merapi Volcano, Indonesia



Photograph by NASA


11. Mt. Etna, Italy


Photograph by NASA


12. Nyiragongo Volcano, DR Congo




Photograph by NASA


13. Puyehue-Cordón Caulle Volcano, Chile





14. Sarychev Volcano, Russia



Photograph by NASA


15. Shinmoe-dake Volcano, Japan




Via: Wikipedia