Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hewan yang paling panjang umur

Setiap mahluk hidup memiliki batasan dari segi usia termasuk juga hewan-hewan dibawah ini yang memiliki umur terpanjang dibanding mahluk hidup lainnya yang dikenal. Berikut nama-nama hewan yang tercatat memiliki umur yang terpanjang :

1. Cyprine Arctica Islandica atau Quahog(Batrachostomus cornutus)
Sebuah kerang dengan umur terpanjang yang pernah tercatat adalahQuahog. Sebuah spesimen dari Islandia, Cyprine Arctica islandica (juga dikenal sebagai quahog laut), moluska ini ditemukan telah hidup 405 tahun dan mungkin sampai 410. Spesimen lain tercatat memiliki umur 374 tahun. Pada tahun 2006 dan 2007, spesimen terpisah dikumpulkan di lepas pantai Islandia(400 tahun), membuat Arctica islandica, spesies kerang yang memiliki masa hidup terpanjang yang pernah dicatat.
2. Koi634px-Six_koi
Di antara ikan, koi merupakan salah satu hewan yang memiliki masa hidup terpanjang. Koi, atau lebih spesifik Nishikigoi, yang secara harfiah berarti“ikan mas brokat”, adalah varietas peliharaan hias dari ikan mas ilmiah dikenal sebagai Cyprinus carpio. Beberapa ikan koi telah dilaporkan hidup sampai lebih dari 200 tahun. Koi tertua yang pernah tercatat adalah Hanako, yang mati pada usia 226 tahun pada tanggal 7 Juli 1977.
3. Bowhead WhaleBowheads42
Paus Bowhead (Balaena mysticetus), juga dikenal sebagai Paus Greenland atau Arctic Whale, adalah paus balin dari keluarga paus Balaenidae. Seekor ikan paus dapat tumbuh hingga 20 meter (66 kaki) panjang. Berat maksimum diperkirakan adalah 136 ton (152 ton). Dari Beberapa sumber menyebutkan Paus Bowhead hidup sampai 210 tahun. Jika terbukti hal ini akan membuat mereka mamalia tertua yang pernah diketahui.
4. Radiated turtlesRadiated Tortoise, Geochelone radiata, endangered species, Madagascar
Seekor kura-kura  bernama Tu Malila dari Madagaskar dianggap sebagai salah satu kura-kura dari jenisnya yang memiliki masa hidup terpanjang. Tu ‘Malila ditetaskan pada tahun 1777 dan mati pada 19 Mei 1965 pada usia 188 tahun. Verifikasi usia lain kura-kura, Adwaita, hewan yang dikatakan telah lahir sekitar tahun 1750 dan meninggal pada tahun 2006 pada usia 256.
5. Kura-kura Galapagosgalapagos-tortoise
Kura-kura Galapagos atau kura-kura raksasa Galapagos adalah kura-kura hidup terbesar. Meskipun harapan hidup maksimal kura-kura liar tidak diketahui, harapan hidup rata-rata diperkirakan 150-200 tahun. Harriet, salah satu hewan tertua di dunia yang beberapa klaim dipelajari oleh naturalis abad ke-19 perintis Charles Darwin, telah meninggal di Australia pada 175 tahun.
6. Kura-kura Yunanigreektortoise3
Kura-kura Spur-thighed atau Kura-kura Yunani adalah salah satu dari empat anggota dari keluarga Testudinidae. Timotius, seekor Kura-kura Yunani, mati pada usia 160 tahun pada bulan April 2004.
7. Geoduck449px-Jrb_20081127_Mirugai_tsukiji_tokyo_japan_001
Adalah spesies kerang air asin besar, moluska bivalvia laut. Cangkang kerang ini besar, sekitar 15 sampai lebih dari 20 cm (sekitar 7 sampai 9 inci). Geoduck telah dikenal untuk hidup lebih dari 160 tahun.
8. Burung Macaw450px-Ara_ararauna_-Singapore_BirdPark-6
Di antara jenis burung, macaw memiliki umur terpanjang. Charlie (menetas c. 1899), Charlie curser adalah burung  macaw yang hidup di Nurseries Heathfield, tempat perlindungan hewan peliharaan di Reigate, Surrey, Inggris. Charlie menjadi terkenal ketika The Daily Mirror menerbitkan sebuah artikel tentangnya pada Januari 2004, saat ia berusia 109 tahun.
9. Patagonian ToothfishFishL1807_468x303
Spesies ikan yang dikenal dapat hidup selama lebih dari seratus tahun.Patagonian toothfish (Dissostichus eleginoides) adalah ikan yang dapat ditemukan di perairan dingin (kedalaman 45-3850 m) Atlantik Selatan, Southern Pacific, India,  pada gunung laut dan landas kontinen sekitar sebagian besar sub-Antartika pulau. Berat rata-rata toothfish komersial tertangkap adalah 9-10 kilogram (20 pon) dengan orang dewasa yang besar kadang-kadang melebihi 200 kilogram (440 pon). Mereka diperkirakan hidup sampai lima puluh tahun, mencapai panjang 2,3 meter (8 kaki).
10. SturgeonSturgeon2
Seperti Toothfish Patagonian, ikan jenis ini dapat hidup selama seratus tahun. Salah satu keluarga tertua dari tulang ikan yang ada, mereka adalah ikan asli subtropis, sungai beriklim sub-Arktik dan, danau dan garis pantai dari Eurasia dan Amerika Utara. Mereka berbeda untuk tubuh memanjang mereka, kurangnya skala, dan ukuran besar sesekali: sturgeon mulai 7-12 kaki (2-3 ½ m) panjang yang umum, dan beberapa spesies tumbuh hingga 18 kaki (5,5 m).
11.Tubeworm atau Lamellibrachia luymesi570px-Lamellibrachia_luymesi
Tubeworm ini memiliki umur lebih dari 170 tahun dan kelangsungan hidupnya bergantung pada ketersediaan sulfida selama periode yang panjang.