Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Produk Reksa Dana Terbaik

Investasi merupakan salah satu kegiatan yang diperlukan untuk mengelola keuangan kita. Selain menabung, investasi adalah cara untuk menyisihkan dana kita agar tidak habis dikonsumsi. Namun, banyak orang belum memahami cara berinvestasi. Sebagai solusi, penyedia jasa keuangan menerbitkan suatu produk bernama reksa dana. Reksa dana sangat sesuai bagi investor pemula yang memiliki keterbatasan dana maupun waktu. 

Memilih Produk Reksa Dana Terbaik


Apa itu reksa dana? Bagaimana mekanisme investasi reksa dana? Apa saja keunggulan reksa dana? Reksa dana apa saja yang tersedia saat ini? Reksa dana merupakan suatu wadah pengelolaan modal yang memungkinkan investor menanamkan dananya pada sekumpulan unit investasi.

Apa yang dimaksud dengan unit investasi? Unit investasi adalah sekumpulan produk investasi (berupa surat berharga) yang tingkat risikonya berbeda-beda. Misalnya, suatu unit reksa dana terdiri dari beberapa saham unggulan di bursa efek. Bagaimana mekanisme investasinya? Unit investasi yang dibeli oleh investor nantinya akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) yang bertanggung jawab menyalurkan dana tersebut untuk transaksi jual-beli sejumlah surat berharga dalam unit investasi tersebut. 

Manajer investasi memungkinkan kita berinvestasi tanpa harus memilih surat berharga tersebut secara langsung. Hal ini merupakan salah satu keunggulan reksa dana yang dinikmati oleh investor pemula dengan waktu terbatas. Nominal reksa dana yang ditawarkan juga umumnya cukup terjangkau, sekitar Rp500.000,00 per unit. Sehingga, reksa dana dapat menjadi pilihan bagi orang-orang berdana kecil. 

Saat ini terdapat berbagai jenis reksa dana. Beberapa di antaranya adalah reksa dana saham, reksa dana reksa dana campuran, dan reksa dana pendapatan tetap. Setiap jenis reksa dana memiliki karakteristik dan risikonya masing-masing. 


Reksa dana saham terdiri dari beberapa saham yang dipilih oleh manajer investasi. Reksa dana saham menjanjikan keuntungan berdasarkan capital gain (untung modal) yang diperoleh dari kenaikan harga saham. Umumnya reksa dana saham memiliki potensi untung yang lebih tinggi dari jenis reksa dana lainnya, namun juga dengan tingkat risiko yang lebih tinggi. 

Reksa dana campuran menggabungkan investasi pada beberapa surat berharga ekuitas (misalnya saham), utang (misalnya obligasi), dan lainnya. Keunggulan utama jenis ini adalah tingginya diversifikasi (karena jenis surat berharganya lebih bervariasi dari yang lainnya), sehingga risikonya lebih kecil dari reksa dana saham. Namun potensi keuntungannya juga lebih kecil. 

Unit investasi reksa dana pendapatan tetap terdiri dari surat berharga utang. Risikonya lebih kecil dari dua reksa dana yang telah disebutkan sebelumnya, dengan potensi keuntungan juga lebih kecil. Pilihlah jenis reksa dana berdasarkan tingkat risiko yang bersedia Anda tanggung. 

Reksa dana merupakan salah satu alternatif investasi yang menjanjikan. Produk ini memungkinkan kita memanfaatkan dana dan waktu yang terbatas untuk berinvestasi. Ada berbagai jenis reksa dana yang dapat kita pilih berdasarkan tingkat toleransi risiko kita.