Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 jenis angkutan umum yang unik di dunia


ternyata tidak hanya indonesia saja yang memiliki banyak kendaraan umum apalagi bogor yang terkenal dengan sejuta angkotnya , angkutan umum ini banyak juga digunakan sebagai sarana transportasi umum dinegara negara lain, tapi diantar angkutan umum tersebut ada beberapa yang tampak luar biasa dan memiliki bentuk berbeda dengan angkutan umum dimanapun.  penasaran ? lihat infonya dibawah ini. 





1. Underground Funicular di Turki

Funicular adalah sebuah kereta api miring. Ya, keunikannya ada di trem yang bergerak naik turun di bukit dengan menggunakan kabel. Jadi kereta bisa saja berhenti dengan posisi miring. Istanbul Tunel adalah versi bawah tanah kereta ini.


Rute yang ditempuh kereta ini tak lebih dari setengah kilometer dengan kemiringan sekitar 60 meter. Jalur Istanbul Tunel ini berada di antara pantai di Golden Horn dan Mal Istiklal Caddesi (Avenue) di Beyoglu. Kereta yang mulai dibuka pada 5 Desember 1874 ini jadi yang tertua kedua setelah London Underground.




2. Cyclo di Vietnam

Untuk menyelesaikan masalah lalu lintas yang semrawut, Vietnam punya cara untuk mempercepat perjalanan. Cyclo, kendaraan ini populer di mata wisatawan sebagai taksi roda tiga.

Wisatawan akan menggunakan kendaraan ini saat jalan-jalan ke Old Quarter di Hanoi dan Hoan Kiem Lake yang sangat indah. Penduduk setempat juga menggunakan cyclo sehari-hari. Kenyataannya, kendaraan yang mirip becak ini lebih cepat dan ramah lingkungan dari mobil.




3. Chicken Bus di Amerika Tengah

Tidak hanya nama, warna yang cerah dan menggunakan mobil bus klasik, itulah chicken bus yang menjadi transportasi umum di Amerika Latin. Bus ini dinamakan chicken karena kadang-kadang bus ini juga digunakan untuk membawa ayam dari atau ke pasar. Jangan kaget bila Anda hanya bisa berdiri di dalamnya dan itu juga seperti ayam. Namun, untuk penduduk setempat di Guatemala atau Panama, menjadikan bus ini sebagai transportasi umum yang terjangkau.



4. Cgo Yong di Kamboja

Kebutuhan adalah awal dari semua penemuan di Kamboja. Traveler bisa melihat berbagai macam daur ulang dari berbagai mesin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mesin-mesin yang akan digunakan di las dan menggunakan gerobak sebagai tempat penumpang.

Kendaraan ini bisa traveler lihat di sepanjang jalan Angkor Wat. Di Khmer kendaraan unik ini dikenal sebagai cgo yong, atau mirip seperti alat pembajak sawah.




5. Camel Bus di Kuba

Kuba sudah dikenal memiliki kendaraan aneh di jalan, terutama berlimpahnya mobil klasik Amerika yang tersisa dari zaman revolusi. Salah satu bus yang paling klasik adalah camel bus atau bus unta.

Bus ini berbentuk seperti truk petikemas. Hanya saja bagian belakangnya bisa digunakan untuk penumpang. Sama sepeti unta bagian belakang bus aneh ini memiliki dua bagian yang menyerupai punuk unta. Transportasi umum ini sering menjadi candaan dan mungkin hanya traveler yang ingin menggunakan bus ini untuk kesekian kalinya. 
















6. Chiva Express di Ekuador

Kalau belum melihat kendaraan ini secara langsung, traveler akan bertanya ini bus atau kereta api. Chiva Express adalah bus di Ekuador yang berjalan di atas rel.

Awalnya, rel ini digunakan untuk menghubungi antara pegunungan dan laut. Tapi sekarang rute ini menjadi perjalanan seru untuk liburan. Untuk mendapat panorama oke, pelancong sangat dianjurkan untuk memilih tempat duduk yang ada di atap. Ingat udara pegunungan bisa lebih dingin.




7. Hovercraft di Inggris

Mungkin nama hovercraft kini tertutup dengan perahu catamaran. Perahu ini bisa mengapung menggunakan bantal udara. Meski kecepatannya masih kalah dengan catamaran, di Inggris perahu ini tetap digunakan. Terutama untuk wisatawan yang menuju Isle of Wight dari Portsmouth. 




8. Ice Angel di Amerika Serikat

Madeline Island adalah satu-satunya daerah dari Wisconsin Apostle Islands yang berpenghuni dan terhubung ke Bayfield. Uniknya, daerah ini punya jalur perhubungan di atas air dan danau es selama musim dingin.

Daerah ini pun punya kapal feri bernama Ice Angel. Kapal ini bisa jalan di atas air atau danau yang sedang membeku. Feri ini ada rodanya untuk berjalan di atas es. Namun saat es mencair, feri ini mengapung seperti biasa. Adanya kendaraan ini dibuat sebagai cara, agar anak-anak tetap bisa berangkat ke sekolah. sumber: detik.com