Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usir stres dengan kicauan burung

Hidup di kawasan perkotaan yang sibuk dan penuh tekanan mampu menjadikan penghuninya mudah mengalami stres. Untuk meredamnya, cobalah sering-sering pergi ke taman atau kebun raya untuk menikmati hari sambil mendengarkan suara kicauan burung

Usir stres dengan kicauan burung



Berdasarkan hasil studi yang dilakukan para ilmuwan dari University of Exeter, Inggris, seseorang yang bermukim di sebuah wilayah yang rindang oleh pepohonan dan aneka jenis burung akan memiliki kecenderungan tingkat stres / depresi yang sangat rendah. 

Fakta tersebut didapatkan setelah melakukan penelitian dengan melibatkan sekitar 274 orang partisipan. Penelitian tersebut ingin mengetahui separah apa tingkat stres yang terjadi pada diri mereka. 

Satu hal yang unik ditemukan pada sore hari, para responden yang terdiri dari individu yang berusia mulai dari 40 tahun s/d 70 tahun diminta untuk mendengarkan suara kicauan burung yang ada di taman. Hampir semua responden merasa lega dan dapat dengan sejenak melupakan beban berat yang membuat mereka stres. 

"Studi ini membongkat bahwa kunci dari kesejahteraan mental salah satunya adalah berinteraksi dengan alam," kata Daniel Cox, penulis studi.

"Kehadiran burung di sekitar rumah dan alam terbuka, dapat berperan dalam menjadikan hidup lebih bahagia," tambahnya. 

Hasil penelitian ini turut menambah penelitian serupa beberapa tahun lalu yang menemukan bahwa lingkungan hijau memiliki peran penting untuk kesejahteraan mental penghuninya. 

Dengan pergi ke taman-taman kota, kebun raya, atau sekedar melihat pemandangan hijau dari balik jendela kamar, terbukti dapat menurunkan tingkat stres.