Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mitos meyeramkan perempuan cantik dari berbagai dunia

Sebagai negara kepulauan yang terdiri dari beraneka macam kebudayaan, Indonesia juga menyimpan kisah-kisah mistis dan cerita mitologi yang cukup menyeramkan. Misalnya saja legenda Nyi Roro Kidul, Nyi Blorong, dan sebagainya. Ternyata legenda dan mitos yang berhubungan dengan wanita cantik terjadi tidak hanya di Indonesia saja. Beberapa negara di dunia memiliki cerita-cerita tersebut, berikut rangkumannya untuk anda. Mitos meyeramkan perempuan cantik dari berbagai dunia.

1. Lamia, wanita setengah ular

Lamia adalah mitologi wanita bertubuh setengah ular yang berasal dari Mitologi Yunani. Dikisahkan bahwa Lamia adalah seorang wanita cantik yang tak lain adalah cucu dari Poseidon. 



Lamia merupakan Ratu Libya yang diketahui menduduki tahta tersebut untuk menggantikan posisi ayahnya yakni Raja Belos. Ratu Lamia pun pernah terlibat hubungan percintaan dengan sang Dewa Zeus hingga melahirkan beberapa orang anak. 

Hubungan terlarang antara Lamia dengan Zeus ini pun akhirnya diketahui Hera dan mampu membakar api cemburu dalam dirinya. Tak butuh waktu lama untuk berpikir, Hera pun memutuskan untuk membunuh semua anak-anak buah lahir dari hubungan Lamia dengan Zeus. 

Kejadian itulah yang membuat diri Lamia murka sehingga membuatnya gila dan merubahnya menjadi manusia setengah ular yang memakan bayi-bayi baru lahir dari tiap wanita. 

Sang Ratu akhirnya berubah menjadi monster pemakan bayi akibat iri hati dan sakit hati menghadapi kematian anak-anaknya karena dibunuh Hera.


2. Alkonost, wanita bertubuh burung


Jika Lamia adalah sosok yang digambarkan sebagai seorang wanita bertubuh ular lain halnya dengan Alkonost yang merupakan wanita cantik bertubuh burung lengkap dengan dua sayap. 

Alkonost dipercayai hidup di Nirvana namun saat dia bertelur akan ke laut dan membawa telur-telurnya ke dalam air. Saat telur-telur Alkonost masuk kedalam air laut, arus akan menjadi tenang namun saat telur-telur tersebut menetas, laut akan berubah menjadi badai dahsyat yang mematikan. 

Sama halnya ketika Alkonost bernyanyi, suara merdunya mampu membuat siapa saja yang mendengar terbuai seperti nelayan hingga tak sadar kapal lautnya telah tenggelam.


3. Lilith, wanita cantik jelmaan iblis



Dalam Mitologi Yahudi Lilith dikenal sebagai sosok wanita cantik yang sebenarnya diciptakan sebelum Hawa namun membangkang Tuhan hingga ia diusir dan masuk dalam iblis wanita paling menyeramkan bergabung bersama Lucifer. 

Lilith juga diceritakan sebagai iblis yang suka hadir dalam mimpi pria-pria dan melakukan hubungan badan melalui mimpi. The Beautiful Maiden adalah julukan yang disematkan untuk iblis ini karena ia tak memiliki kelenjar suasu. Karena itulah ia pun tak bisa melahirkan anak, sehingga musuh terbesarny adalah bayi dan para wanita. 

Dewi Malam ini juga diketahui memiliki elemen angin yang identik dengan membawa musibah, penyakit dan tentu saja kematian!

4. Sphinx, wanita bertubuh singa



Sphinx yang masuk dalam daftar legenda wanita cantik dalam mitologi yang menyeramkan satu ini tidaklah sama dengan Sphinx versi mitologi Mesir. Sphinx yang ini adalah sosok wanita berparas cantik dengan setengah tubuhnya singa dan memiliki sayap bak burung raksasa. 

Sosok ini tak mudah ditaklukkan karena siapapun yang mencoba untuk melintas melewatinya harus berhasil menjawab teka-teki dari Sphinx yakni, “Apakah yang mampu berjalan menggunakan empat kaki kala pagi hari, dua kaki ketika siang hari dan tiga kaki sewaktu malam hari?”. 

Konon yang berhasil memecahkan teka-teki ini hanyalah satu orang yakni Odisseus dan sekejap setelah teka-teki tersebut terjawab, tubuh Sphinx hancur berkeping-keping!


5. Medusa, wanita berambut ular




Medusa adalah sosok wanita berparas cantik yang paling terkenal dalam Mitologi Yunani. Konon sebelum memiliki tampang yang menyeramkan, Medua adalah seorang pendeta kuil yang masih perawan dengan paras yang sangat cantik. 

Kecantikan paras medusa membuat Poseidon tergila-gila sampai kemudian tega memperkosanya. Athena yang mengetahui hal tersebut langsung murka dan mengutuk rambut-rambut Medusa berubah menjadi ular dan siapa saja yang menatap matanya maka akan berubah jadi batu.

Bukan itu saja, Athena pun menjadikan Medusa sebagai buruan berhadiah. Ia mengiming-iming hadiah bagi siapa saja yang berhasil membunuh Medusa. Ternyata Perseus lah yang berhasil memenggal kepala Medusa dengan kecerdasannya, yaitu memanfaatkan cermin untuk melawannya tanpa berubah diri menjadi batu. 


Baca juga: