Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keren, China buat bus raksasa anti macet pertama di dunia

China akhirnya menguji coba proyek megabus yang mampu mengangkut 1.200 penumpang dalam sekali jalan. Bus raksasa tersebut memiliki desain yang cukup unik dan bisa membuat kendaraan lain melewatinya tanpa gangguan. Bus yang diklaim pertama kalinya di dunia ini merupakan proyek besar China untuk mengatasi macet yang menjadi pemandangan sehari-hari di negara tersebut. 




Berbeda dengan lajur busway yang dipisahkan dari lajur kendaraan lainnya, bus ini melaju di atas rel khusus yang posisinya diluar jalur kendaraan biasa. Dengan desain yang dibuat khusus membuat bus ini mampu melewati keramaian lalu lintas di bawahnya. Kendaraan yang merupakan bagian dari Transit Elevated Bus (TEB) itu pun diklaim sudah diminati oleh beberapa negara seperti Brasil, Perancis, India, bahkan Indonesia. 

Dilansir dari Dailymail.co.uk, bus tersebut memiliki panjang sekitar 22 m, lebar 7.8 m, dan tinggi 4.8 m. Untuk tahap perdana, bus tersebut baru bisa mengangkut sekitar 300 penumpang sekali jalan, namun ke depannya bus ini akan mengangkut sebanyak 1.200 penumpang. 

Ujicoba pertama dilakukan di Kota Qinhuang, dengan agenda utama melakukan evaluasi sistem pengereman, kemampuan menarik, dan konsumsi daya karena menggunakan tenaga listrik. 

Meski masih jauh untuk diimplementasikan di jalan-jalan sibuk yang di China, namun pengujian awal ini bisa menjadi langkah awal yang cukup menjanjikan. Mungkin seperti inilah bentuk transportasi umum di masa depan. 







Video: