Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Uniknya sirkuit balap yang dibangun di atap gedung bertingkat

Gedung Lingotto terletak di Turin, Italia, gedung berlantai lima ini memiliki panjang sekitar setengah kilometer dengan struktur beton yang sangat kokoh.

Bangunan yang lokasinya berada di pusat kota ini dulunya pernah digunakan sebagai pabrikan mobil terbesar dan paling modern di Eropa pada masanya yaitu Fiat.

Untuk menguji mobil mereka sebelum dipasarkan, pemilik pabrik ini kemudian membangun sebuah lintasan balap tepat di atas atap dari bangunan lima lantai ini.


 sirkuit balap yang dibangun di atap gedung bertingkat

Di jalur balap berkecepatan tinggi itulah, ribuan mobil Fiat yang selesai dirakit di uji ketangguhannya di sirkuit balap yang unik dan cukup menegangkan ini.

Pabrik itu kini sudah tutup sejak tahun 1982, dan bangunannya sekarang telah ditambah dengan fasilitas modern seperti ruang konser, bioskop, convention center, pusat belanja dan hotel. 

Sedangkan sirkuit balap yang ada di atapnya dibiarkan tetap ada, dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengunjunginya, termasuk juga klub-klub motor yang ingin merasakan sensasi balapan di atas gedung bertingkat.