Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 hewan bumi ini menginspirasi monster alien di Star Wars

Starwars: The Force Awakens menjadi salah satu film yang paling dinanti-nantikan penggemarnya di seluruh dunia. 

Film bergenre sains fiksi ini memang kerap menghadirkan monster-monster alien berwujud aneh yang datang dari galaksi nun jauh di sana. 

Ternyata beberapa monster yang ada dalam setiap film Starwars ini terinspirasi dari hewan-hewan asli yang ada di bumi, seperti terangkum dalam 5 jenis hewan yang menginspirasi monster alien di Star Wars. 

1. Jabba the Hutt 

Jabba the Hutt. Sumber: Wikipedia
Jabba the Hutt. Sumber: Wikipedia

Jabba the Hutt of Tatooine menjadi karakter yang sering muncul dalam setiap film-film Star Wars. Mahluk bertubuh gemuk ini digambarkan sebagai seorang pimpinan gangster yang cukup berkuasa dari Nal Hutta. Siapa sangka, kalau sosok ini ternyata terinspirasi dari satwa sejenis siput hitam dari keluarga Arionidae. 

Siput hitam. Sumber: Cdn.moviepilot.com
Siput hitam. Sumber: Cdn.moviepilot.com
Siput hitam (Arion Ater) atau lebih dikenal dengan Siput Hitam Eropa ini termasuk spesies siput terbesar yang ukurannya bisa mencapai 15 cm. Siput ini hidup di Eropa Utara dan Amerika Utara, serta sering dianggap sebagai hama pertanian dan dianggap membahayakan manusia. 


2. Bantha 

Bantha. Sumber: BBC.com
 Bantha merupakan mamalia besar berbulu lebat yang sering digunakan oleh para Tuscan Raiders atau manusia pasir sebagai alat transportasi. Mahluk besar dengan tanduknya yang mirip kambing ini hidup secara berkelompok di gurun Tatooine. 

Mammoth. Sumber: Static.guim.co.uk

Monster alien ini mengingatkan kita akan Mamooth, gajah besar berbulu yang pernah hidup di bumi sekitar lima juta tahun lalu dan sudah punah sejak lima ribu tahun lalu.

3. Exogorth 

Exogorth. Sumber: Vignette3.wikia.nocookie.net

Masih ingat episode saat Hans Solo mendaratkan pesawat Millenium Falcon di atas lidah monster alien Exogorth ? Sosok monster ini kabarnya terinspirasi dari belut Mooray yang memiliki gigi tajam dan senang bersembunyi di tempat gelap seperti halnya Exogorth.


Belut moray. Sumber: Komotoz.ru

Belut moray (Moray Eel – Muraenidae – Muraena Retifera) merupakan jenis ikan yang ramping dan gemar bersembunyi di celah dan sudut bebatuan karang di laur subtropis dan sedang. Belut ini sangat rakus dan hampir tidak akan bergerak saat mengintai mangsanya dari balik batu karang.

4. Sarlacc 


Sarlaac. Kredit: Pictorial Press Ltd/Alamy Stock Photo

Monster alien yang tak kalah mengerikannya adalah Sarlacc, tempat persembunyiannya sering disebut seabgai Sarlacc Pit. Monster raksasa ini akan mengubur tubuhnya di padang pasir Carkoon di planet Tatooine lalu akan memangsa mahluk apapun yang masuk ke dalam lubang galiannya. Jabba the Hutt sering melemparkan musuh-musuhnya ke dalam lubang Sarlac sebagai bentuk hukuman. 

Sarlacc menggali sebuah lubang lalu bersembunyi di dalamnya sampai datang mangsanya. Perilaku ini sangat mirip dengan hewan bumi yang bernama Antlion atau undur-undur. 

Sarang undur-undur. Kredit: Maximilian Weinzierl/Alamy Stock Photo

Undur-undur akan mengubur dirinya dalam tanah sambil menunggu mangsa yang terjebak masuk ke dalam lubang galian yang dibuatnya. Mangsa undur-undur yang paling umum adalah segala jenis arthropoda kecil, terutama semut.

5.Ewok


Ewok. Sumber: Vignette4.wikia.nocookie.net

Ewok digambarkan sebagai mahluk pemburu yang tinggal di sebuah gubuk sederhana di Hutan Endor. Penampilannya mengingatkan kita akan beruang Teddy bear. Namun ternyata sebagian besar menduga kalau Ewok terinspirasi dari mamalia mungil yang sangat langka yang bernama Ili pika (Ochotona iliensis) yang ditemukan pada tahun 1983 di pegunungan Tian Shan di Xinjiang, Tiongkok. aSatwa ini diperkirakan hanya tersisa 1000 ekor.

Ili pika. Sumber: Nationalgeographic.com