Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penemuan-penemuan unik di China

Sejak jaman dahulu China menjadi sebuah negara yang terkenal dengan inovasi dan penemuan-penemuan uniknya. Ternyata kemampuan menemukan dan membuat benda-benda tersebut dimiliki oleh hampir sebagian besar warganya.
 

Banyak orang di China yang berhasil menemukan atau membuat rancangannya sendiri, terutama yang berkaitan dengan mekanik, misalnya robot transformer yang telah dibuat oleh dua orang petani di China ini. 

Berikut beberapa bentuk penemuan-penemuan unik yang telah dibuat di China.


Membangun pesawat di atap rumah 



Li Jingchin (58) adalah seorang petani yang telah membuat sebuah pesawat terbang sepanang 5 meter dengan lebar 1,5 meter. Uniknya pesawat tersebut dibangun dengan dibantu anggota keluarganya di atas rumahnya di Desa Xiahe Shenyang, Provinsii Liaoning, Chin. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat pesawat terbang tersebut sekitar 40.000 yuan atau sekitar Rp 84 juta! menurut media setempat. 

Belum diketahui apakah pesawat tersebut nantinya benar-benar bisa terbang.. 

 
Moge alias motor (yang benar-benar) gede



Abulajon seorang warga etnis Uighur sedang mencoba sepeda motor yang berhasil ia buat. Uniknya sepeda motor tersebut berukuran raksasa. Ia membuat motor dengan panjang 4,3 meter dan tinggi 2,4 meter itu selama satu tahun, dengan biaya sebesar 8000 yuan atau sekitar Rp 16 juta.



Meski berukuran raksasa, namun motor tersebut mampu berjalan dengan kecepatan 40 km/ jam. Motor besar lain yang berhasil dibuat adalah milik Zhang Yali dari Jilin. 

Tas koper anti macet 



Kejebak macet ketika hendak berangkat kerja? Kalau anda memiliki tas koper seperti yang dimiliki orang ini tentu kemacetan tidak akan menjadi masalah besar. He Liang memodifikasi tas koper miliknya menjadi sebuah kendaraan yang mampu berjalan hingga kecepatan 20 km/jam, dengan menggunakan tenaga listrik yang mampu mencapai 50-60 km sekali ngecas.  

Sepeda anti polusi 



Hidup di kota besar dengan populasi penduduk yang cukup padat tentu membuat banyak warganya kesulitan mendapat udara yang bersih tanpa polusi. Namun apa yang dilakukan pria ini cukup unik, karena ia memodifikasi sepeda kesayangannya menjadi sumber udara yang segara dan bersih. 

Matt Hope membuat sebuah helm pilot yang dilengkapi dengan selang oksigen yang dihubungkan dengan sebuah mesin filter udara yang terletak di bagian belakang sepedanya.

Traktor penyapu jalanan



Seorang pria mengendarai sebuah kendaraan sejenis traktor yang dimodifikasi dengan menempatkan 12 batang sapu di bagian belakangnya. Tampaknya ia seorang yang peduli dengan kebersihan karena sapu-sapu tersebut akan menyapu kotoran dan menyingkirkannya dari jalanan. 

Kapal selam 



Model yang paling sering dibuat warga China adalah kapal selam, sudah banyak orang yang berhasil membuat kapal selam dari berbagai ukuran, mulai dari yang terkecil hingga yang mampu memuat beberapa orang. Seperti yang telah dibuat oleh Tao XIangli di Beijing ini. 

Penemuan-penemuan unik berikutnya >>